Langsung ke konten utama

LULUS POLITEKNIK PENERBANGAN APAKAH LANGSUNG KERJA ?

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat selalu, dalam keadaan bahagia selalu. Sobat, Mungkin dari sobatku semua ada yang bertanya, Sebenarnya setelah lulus dari Politeknik Penerbangan, apakah langsung diterima di tempat kerja ? Sebenarnya lulusan Poltekbang, benar benar prospek gak sih ? Mungkin untuk membantu menjawab pertanyaan dan uneg uneg sobat, saya akan sharing mengenai pengalaman saya setelah lulus dari Salah satu Politeknik Penerbangan di Indonesia. Semoga pengalaman saya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas. Apa itu Politeknik Penerbangan Sobat, Politeknik Penerbangan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik teknik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Di Indonesia, terdapat 6 Politeknik Penerbangan di bawah naungan Kementerian Perhubungan yaitu Poltekbang Jayapura, Poltekbang S

TIPS TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN

SOBAT LOLOS TES PSIKOLOGI TAHAP DUA ?
Barakallah, semoga bisa lolos pada tes kesehatan yang akan dilaksanakan tanggal 18-21 Juli 2017 nanti, (tulisan ini ditulis @ 15 Juli 2017).
Pasti sobat penasaran ya, seperti apa tips lolos seleksi kesehatan ?
Tapi, mengapa ya harus ada seleksi kesehatan ?


Lembaga pendidikan milik kementrian perhubungan menjadikan tes kesehatan sebagai salah satu seleksi karena tentunya menginginkan insan yang masuk nanti merupakan insan yang selalu prima dan bugar.
Ya, seperti itulah, diharapkan nanti, sumber daya manusia yang bekerja di lingkup wilayah perhubungan merupakan sumber daya manusia unggulan yang tahan banting dan selalu prima dalam bekerja.

Diadakanlah tes kesehatan,

Tipsnya apa saja ya ?
Saya share sedikit mengenai persiapan tes kesehatan,
1. Selama menunggu tes datang, rajinlah berolahraga, terutama berlari. Olah raga dengan berlari membantu menstabilkan ritme jantung dan daya tahan paru serta jantung. lahraga tak perlu banyak, 15 menit berlari sehari sekali saat sore hari, saya rasa sudah cukup.

2. Banyak minum air, untuk menghindari dehidrasi saat cek darah dan cek urine. Hal ini sangat penting, biasakan banyak minum air untuk membantu menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Karena, jika saat tes darah tubuh mengalami dehidrasi, maka selain darah susah untuk diambil, juga bisa mempengaruhi hasil tes terutama kadar air. Dan jika saat tes urine mengalami dehidrasi, maka urine bisa sangat keruh, atau bahkan urine susah keluar.

3. Tidak mengonsumsi obat selama 3 hari terakhir sebelum tes. Jika harus mengkonsumsi obat, maka ketika tes, segeralah bilang bahwa sobat sedang mengkonsumsi obat. 

4. Sehari sebelum tes, jaga tubuh jangan sampai kelelahan. Tidur yang cukup dan berkualitas.

5. Ceritakan riwayat penyakit yang pernah dialami yang ditanyakan saja.

6. Sehari sebelum tes, Bersihkan seluruh bagian tubuh luar yang kira kira akan diperiksa, seperti gigi, telinga, (mohon maaf) area bawah juga.

7. Jaga kondisi, jangan gugup. Karena gugup akan sangat  berpengaruh pada tes ECG. Mengatasinya adalah bersenda guraulah dengan teman teman baru seperjuangan.

Lalu, apa saja ya yang di tes kan dalam tes kesehatan ?
Sebenarnya bisa dikatakan sama dengan tes kesehatan di seleksi masuk militer. 

ya, sobat kalau belum tahu, saya jelaskan sedikit ya,
Ini misal dalam tes organ dalam,

1. Tes ECG (Tes ini dilakukan untuk mengetahui kestabilan irama detak jantung. Dalam tes ini, sobat harus ekstra hati hati dalam bernafas, sehingga detak jantung ikut stabil. Jangan gugup dalam tes ini. karena jika gugup, irama detak jantung cenderung tak stabil. Oya, biasanya sebelum tes ini, sobat akan diminta untuk meninggalkan seluruh aksesoris yang mengandung logam, seperti jam tangan, koin, handphone dan seluruh aksesoris yang dirasa mampu menekan aliran darah untuk dikendorkan atau dilepas. Dari tes ini akan diketahui daya tahan jantung sobat.)

2. Tes Thorax/Rongent Dada (Tes ini dilakukan untuk mengetahui citra visual X-Ray dari kondisi organ dalam dada, seperti paru paru dan jantung. Biasanya dalam tes ini, sobat diminta menarik nafas dalam hingga paru paru mengembang maksimal. Setelah itu ditembakkan sinar X-Ray untuk dilakukan pemotretan citra visual paru paru. Jadi biasanya akan kelihatan, bagaimana paru paru yang sehat dan paru paru yang kurang sehat. )

3. Tes Urine (Dalam tes ini, sobat hanya dibutuhkan untuk mengeluarkan urine sekitar 4/3 bagian dari wadah. Tes ini, fungsinya untuk mendeteksi berbagai zat di urine, salah satunya adalah adanya kadar protein apakah positif atau negatif (normalnya negatif). Kalau positif, maka terjadi ketidak seimbangan pada ginjal. Saran saya, minum yang banyak ya sebelum tes. Dan jangan mengkonsumsi obat dulu, kalau toh harus minum obat karena sakit, ya tetap minum yang banyak. )

4. Tes Darah ( Tes ini dilakukan dengan mengabil darah sobat, jika medical check up untuk sertifikat pekerja, akan diambil 2 kali pegambilan darah, yang pertama dalam kondisi puasa (tidak makan 10 jam) kemudian yang kedua dalam kondisi setelah makan (2 jam setelah makan). Fungsi dari tes ini adalah untuk mengetahui kondisi tubuh sobat, mengetahui kondisi sistem sekresi, mengetahui adanya kanker dan tumor, mengetahui kolesterol, kadar gula, serta asam urat, mengetahui riwayat malaria dan atau hepatitis, mengetahui kondisi hati dan lain lain. Saran saya, jaga kesehatatannya ya, supaya tetap prima, sebelum tes usahakan banyak makan sayuran dan buah buahan serta perbanyak minum air putih.) 


5. Tes Tekanan Darah, Tinggi dan Berat Badan. (tes ini dilakukan seperti biasanya. Sobat pasti sudah tahu kan.)

Tes selanjutnya adalah tes kondisi fisik organ luar tubuh dan panca indera. Tes tersebut antara lain ;

1. Tes visus ( Tes visus merupakan tes ketajaman mata, biasanya dilakukan untuk mengetahui kemampuan mata dalam melihat. Untuk tes mata, biasanya akan dilakukan tes mata minus dengan melihat huruf huruf dari gambar Snellen Chart, kemudian dilakukan tes buta warna menggunakan buku tes buta warna ISHIHARA BOOK. Saran saya, jaga kesehatan matanya ya, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, jangan terlalu sering buka gadget, sering sering memandang pemandangan yang hijau dan luas)

2. Tes auditory ( Tes ini merupakan tes untuk mengetahui tingkat ketajaman pendengaran, biasanya peserta akan masuk ke ruangan kedap suara, kemudian diminta untuk memakai headphone. Dari headphone nanti akan muncul audio dengan berbagai frekuensi, dari frekuensi rendah sampai frekuensi tinggi. Jika peserta dirasa mendengan bunyi audio, maka peserta harus menekan sebuah tombol sekali. Begitu seterusnya bergantian dari telinga kanan ke kiri atau sebaliknya. Saran saya, sobat jaga kebersihan telinganya agar dibersihkan dua minggu sekali dan jangan terlalu sering membersihkan telinga karena bisa menyebabkan iritasi pada telinga, kemudian jangan terlalu sering mendengarkan musik terlalu kencang sehingga telingga bisa jadi kurang sensitif terhadap bunyi yang ringan)

3. Tes Fisik ( Sobat akan diminta untuk melepas pakaian, dan dilakukan pemeriksaan seluruh badan. Fungsinya adalah mengetahui keseimbangan postur tubuh, mengetahui keberadaan ambeyen, bekas luka dan mengetahui adanya verikokel dan varises. Serta dilakukan pemeriksaan fisik gendang telinga dan susunan gigi. Apapun hasilnya, jaga kesehatan ya sobat.)

Sepertinya itu yang saya bisa share kali ini, semangat dan tetap semangat. Jangan takut gagal ya, karena sebenarnya istilah gagal itu tak ada. Yang ada adalah jalan hidup setiap insan itu berbeda beda. Selamat berjuang.

Komentar

  1. Kang mau nanya. Itu tes ambeiennya dicolok ga ya duburnya?

    BalasHapus
  2. gak dicolok kok, hanya dilihat saja secara visual lubang anus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu pass di tess kita jongkok atau berdiri mass?

      Hapus
    2. Posisi kayak ruku, terus dicek dari belakang sama dokter.

      Hapus
    3. katanya ada minimal ukuran benjolan ambeien yg masi dibolehin itu apa benar?

      Hapus
  3. Kak kalau misalnya ada bekas luka sedikit gimana kak?

    BalasHapus
  4. Izin nanya ka mau nanya ad tes lari sit up push up dan semacamnya ?

    BalasHapus
  5. Bg kalau ada varikokel walaupun sedikit langsung gagal kah???






    Calon taruna 2018

    BalasHapus
  6. kak kalau ada gigi yang tanggal bagaimana ?

    BalasHapus
  7. "Kak kalau misalnya ada bekas luka sedikit gimana kak?"
    --Gak papa, gak jadi masalah untuk seleksi masuk kok--
    "Izin nanya ka mau nanya ad tes lari sit up push up dan semacamnya ?"
    --Silakan, bisa chat di instagram atau email ya--
    "Bg kalau ada varikokel walaupun sedikit langsung gagal kah??? "
    --tingkat vericocel sedikit dipertimbangkan, tapi tidak masalah jika sedikit, semoga lancar ya--
    "kak kalau ada gigi yang tanggal bagaimana ?"
    --gigi tanggal gak masalah kok, yang penting tidak terkena riwayat penyakit dalam yang parah--
    SEMOGA LANCAR SEMUANYA, JAGA KESEHATANNYA YA
    ^^

    BalasHapus
  8. Kak itu perawan perjaka nya di tes juga nggak ya

    BalasHapus
  9. "Kak itu perawan perjaka nya di tes juga nggak ya"
    Setahuku dari pengalaman teman teman cewe yang tes tidak ada tes keperawanan

    BalasHapus
  10. Ka tes psikotesnya ada? Kalau ada itu gimana kira"contohnya

    BalasHapus
  11. tes psikotes seperti tes psikologi pda umumnya dan memang banyak tahapnya,
    Semuanya tes tulis dan tidak ada tes kelompok

    BalasHapus
  12. Untuk masalah tes mata minus apakah ditoleransi kak?

    BalasHapus
  13. "Untuk masalah tes mata minus apakah ditoleransi kak?"
    Asal nant ketika di tes, bisa lolos. Aman aja,

    BalasHapus
  14. Kalau minus nya lebih dari 1,00 gimana kak??

    BalasHapus
  15. Kak.. mata saya minus 1,5 apakah ada toleransi?

    BalasHapus
  16. Kak mohon ijin bertanya kalau terdapat varises.apakah bisa masuk ke tahap selankutnya?.terima kasih

    BalasHapus
  17. Mengenai mata minus, asal ketika tes mata bisa menjawab semua pertanyaan, kemungkinan bisa lolos. Latihan aja dulu dirumah sebelum visus.
    Begitu pun varises, dicoba saja dulu setiap tahapnya. Intinya tu, waktu tes kesehatan, pstikan dalam kondisi fit dan tidak ada keluhan.

    BalasHapus
  18. Siap kak izin bertanya
    Kalo gigi agak kurang rapih gimana?terus berapa minimal tinggi badan?
    Kendala saya ada di gigi,kalo masalah mata minus atau penyakit dan postur tubuh saya alhamdulillah tidak ada kendala sedikit pun
    Tolong responyya kak_^

    BalasHapus
  19. Kerapihan gigi tidak jadi masalah, kalo tinggi badan, sesuai persyaratan ya di pendaftaran.
    Lanjut kan, gapai cita cita 💪🏻

    BalasHapus
  20. Kak saya baru selesai operasi varikolel,kira kira aman gak nanti pas tes kesehatan

    BalasHapus
  21. Kak klok gigi berlubang apakah sangat beresiko??

    BalasHapus
  22. Kak maksimal gigi yang ompong berapa ?

    BalasHapus
  23. "Kak saya baru selesai operasi varikolel,kira kira aman gak nanti pas tes kesehatan"
    Jawab : Saya kira aman selama seluruh tubuh sedang dalam kondisi fit, semangat ya.

    "Kak klok gigi berlubang apakah sangat beresiko??"
    Gigi berlubang tidak terlalu jadi masalah kok, selamat tidak ada masalah serius dengan kesehatan, gigi berlubang it's okey aja.

    "Kak, maksimal gigi yang ompong berapa ?"
    Sepetinya ggi ompong juga tidak masuk dalam proses seleksi, jadi tidak masalah. Gigi gisul, berlubang, ompong, overall gak ngeganggu nilai kok. Karena yang paling penting biasanya adalah kesehatan organ organ dalam. Semoga adek adek semua dalam kondisi sehat aamiin.

    BalasHapus
  24. Kak kalau ada bekas jaritan di paha habis oprasi patah tulang lolos gak pas di seleksi kesehatan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa itu aman aja, yang penting sudah benar benar pulih, kemungkinan besar bisa lolos kok. Semangat, jaga kesehatannya ya.

      Hapus
  25. Kak, apakah taun lalu di pencatar ada test keperjakaan dan keperawanan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di SIPENCATAR PERHUBUNGAN selama ini gak ada tes itu.

      Hapus
  26. Kak kalau misalnya ada jerawat dan bekas jerawat gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jan dipencet jerawatnya biar gak berbekas, (:
      Kadang gemes ya, hahaha,
      Gak ngaruh jerawat tu sama hasil tes kesehatan, :’)

      Hapus
    2. aku lagi enak" mendalami bacaan nemu komen gini ngakak astagfirullah😭

      Hapus
  27. Apakah ada penderita hernia bisa lolos tes kesehatan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah penderita hernia bisa lolos tes kesehatan kak?

      Hapus
    2. InsyaAllah bisa. Karena di tes kesehatan tidak ada tes khusus untuk riwayat hernia. Jaga kesehatannya ya.

      Hapus
  28. Kak waktu tes kesehatan mata itu boleh menggunakan kacamata kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat tes visus atau tes mata minus, kacamata harus dilepas.

      Hapus
  29. Kak waktu tes kesehatan mata itu boleh menggunakan kacamata kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat tes visus atau tes mata minus, kacamata harus dilepas.

      Hapus
  30. untuk susunan gigi apakah susunan harus rapi kak?
    kalau tidak rapi gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susunan gigi tidak dipertimbangkan, yang penting giginya sehat. Kalo ada lubang segera ditambal.

      Hapus
  31. kak kalo mallet finger bermasalah nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah enggak bermasalah. Lanjutkan perjuangannya, Barakallah langkahnya.

      Hapus
  32. kak jika semua tes bisa dilewati, tetapi hanya kurang di tes mata minus apakah masih bisa ada kesempatan untuk lolos kak? terima kasih

    BalasHapus
  33. Izin bertanya kak, kalo skoliosis di periksa gak?

    BalasHapus
  34. kak kalo stretch mark berpengaruh ga? sama amandel perpengaruh ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Stretch mark gak papa. Kalo amandel, sepertinya juga gak terlalu berpengaruh ke tes kesehatan.

      Hapus
  35. Kak ijin bertanya keperawanan atau perjaka itu di tes tidak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sipencatar perhubungan sampai saat ini tidak ada pengecekan keperawanan dan keperjakaan,

      Hapus
  36. Kak ijin bertanya kalau kaki sudah pernah patah bisa daftar atau tidak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaki pernah patah masih bisa daftar kok, yang penting tidak mengganggu aktivitas dan pastikan bisa lolos tes samapta tanpa cidera, semangat ya,

      Hapus
  37. Ka mau taunya, misalkan punya gigi grahm pecah 2 dan bolong 1 kira kira bisa keterima ngga kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi gigi bukan syarat mutlak, tapi tetap akan menjadi catatan di pengecekan kesehatan, ditambal ya giginya supaya gak sakit nanti,

      Hapus
  38. Kaka mau tanya, kalo ada keloid gimana kak. Apa berbengaruh tidak lulus?

    BalasHapus
  39. Kak mau tanya, gigi geraham saya dicabut 1 apakah ada toleransi kak? Atau sebaiknya dipasang gigi palsu kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa kok, dijaga kebersihan giginya ya. Biar gak sakit. Biar gak dicopot lagi gigi gerahamnya. Gak perlu pasang gigi palsu.

      Hapus
  40. Kak mau nanya, kalo untuk tes keperawanan/ keperjakaan di sklh dishub ada atau tidak ya?

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum kak, minimal untuk. Medical. Check up itu berapa hari sebelum tes kesehatan ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tahu ya kalo tahun ini, kalo dulu cuman selisih sehari.

      Hapus
  42. Kak apakah payudara dicek jg buat kesehatan kak ?

    BalasHapus
  43. Kak izin bertanya, kalo ada bekas luka garukan ngaruh engga kak?

    BalasHapus
  44. Kak ijin bertanya , utk kesehatan apakah hasilnya langsung keluar, dan apakah kita bisa langsung tau lulus tahap kesehatan atau nggak?

    BalasHapus
  45. Kak ingin bertanya, apabila susunan gigi tidak rapi ( karena ada gigi yang kurang ) apakah tidak apa?

    BalasHapus
  46. Kak izin bertanya, kalau pakai behel nggak berpengaruh di tes kesehatan nanti?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan sebelumnya

PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN

Halo sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu.  Sobat tahu ada berapa jurusan di sekolah penerbangan ? Apakah hanya jurusan pilot dan pramugari saja ? Ternyata jurusan di sekolah penerbangan di Indonesia kini sangat beragam. Ada jurusan yang fokus menjadi pemandu perjalanan pesawat dan fokus menjadi teknisi. Jajaran Resimen Tahun Ajaran 2015/2016 Politeknik Penerbangan Surabaya Foto atas merupakan foto alumni tahun 2016 dan 2017 POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Alhamdulillah sekarang sudah bekerja di perusahaan perusahaan penerbangan. Atas, Paling kiri ke kanan, AP1, GMF, AirNav, AirNav, Prodi TPU Poltekbang Surabaya, AirNav, AirNav, GMF, GMF, AirNav.  Bawah, Paling kiri ke kanan, AP1, AP1, AP2. Nah sobat, di Indonesia, sekarang mulai didirikan beberapa pendidikan tinggi politeknik yang menyediakan jasa pendidikan dengan prospek yang nantinya meruncing menjadi tenaga kerja di penerbangan. SIAP IKUT SELEKSI PENERIMAAN CALON TARU

DIPLOMA NON DIPLOMA POLTEKBANG SURABAYA ?

(Diperbarui pada Maret 2018) Sobat mungkin yang masih duduk di bangku setara SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) masih bertanya tanya ini, apa bedanya jenjang pendidikan diploma dan non diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya. Atau mungkin bingung, pilih diploma, atau non Diploma, kenapa beda, ? Berikut saya share yang saya ketahui mengenai Diploma dan Non Diploma di  Politeknik Penerbangan Surabaya. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   ND TPU 6 Non Diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya adalah jenjang pendidikan yang tidak mengeluarkan ijazah 'Ahli Madya' pasca kelulusan. Sehingga setelah lulus dari pendidikan Non Diploma, taruna hanya akan mendapatkan sertifikat kecakapan, yaitu lisensi. Di Politeknik Penerbangan Surabaya, biasanya setiap tahun membuka pendaftaran untuk kelas Non Diploma dengan tujuan Diklat Lisensi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk jurusan yang dibuka dalam program Non Diploma, Politeknik Penerbangan Surabaya, p

TIPS TES SAMAPTA SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabanya hari ini ? Semoga sobatku semua sehat selalu. Sobat akan menjalani tes samapta ? Bagaimana tips dan kiat kiatnya ?  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Acara yudisium POLTEKBANG Surabaya tahun 2017 (ditulis pada 8 Oktober 2017, direvisi pada 26 Juli 2021 ) Kesamaptaan, berasal dari kata samapta yang artinya ready, prepare atau bisa juga kesiapan fisik (hukumonline.com). Sobat yang belum tahu samapta, bisa deh baca sekelumit goresan jemari ini mengenai tes samapta, yang mudah mudahan bisa bermanfaat bagi sobat. Terutama yang akan mau ikut seleksi masuk ke balai, akademi, politeknik maupun sekolah tinggi dibawah naungan BPSDM Perhubungan matra udara. Pada SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna)  Perhubungan tahun 2017, seleksi tes kesamaptaan masuk dalam seleksi tes tahap IV, yaitu (Tes Kesamaptaan dan Tes Wawancara).  Seleksi ini dilaksanakan setelah tes tahap III yaitu Tes Kesehatan. Tes Samapta pada SIPENCATAR

TIPS PSIKOTES SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobatku semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Sobat, TAHAP PSIKOTES merupakan salah satu tes yang diberikan saat sobat mengikuti berbagai seleksi masuk, baik perusahaan maupun perguruan tinggi. Salah satu yang menggunakan TAHAP PSIKOTES adalah SIPENCATAR PERHUBUNGAN atau Seleksi Penerimaan Calon Taruna Perhubungan. Nah kemudian bagaimana tahap tahapnya ? Apa kiat kiat yang bisa kita lakukan untuk lolos di TAHAP PSIKOTES ? Sebelum membaca lebih lanjut, siapkan secangkir kopi dan sepotong kue untuk menemani sobat dalam mebaca artikel saya yang panjang ini, haha. Bliau adalah Taruna D-III TNU Poltekbang Surabaya, masuk tahun 2018. Rionara TES PSIKOLOGI Nah Sobat, Tes psikologi di SIPENCATAR Perhubungan merupakan tes yang wajib diikuti untuk menjadi syarat masuk calon taruna. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi calon taruna apakah sesuai dengan konsentrasi program studi yang dipilih nantinya disesuaikan dengan kond

TIPS TES INTERVIEW SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Waktu terus berlalu ya , tiba tiba sudah akan dilaksanakan tes interview. Ya, seperti ini lah hidup, jalani saja dulu, ikhtiar, hasil akhir Allah sudah urus, yang penting selalu positif thinking dengan semua skenario kisah hidup yang kita jalani masing masing.  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Mengenai tes interview, saya semoga masih ingat dan mungkin bisa berbagi sedikit tips dari pengalaman tes interview saya beberapa waktu silam untuk seleksi masuk di sekolah kedinasan ini. Hehe, makhlum, sudah tua, sudah lama, tapi namanya pengalaman kan, apa salahnya berbagi. Oke sobat, ndak usah galau mau jalani tes, uda jalani aja, relax. Itu yang penting. Belajar relax berhadapan dengan siapapun mulai sekarang ya, || BACA Juga ||   TES TAHAP SATU SEPERTI APA KAH ?   PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN     TEST INTERVIEW SIPENCATAR ? GAMPANG     TIPS TES KESAMAPTAAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN      SIAP TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN ?    Gimana ya Kehidupan Taruna ?

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK (diperbaharui pada Mei 2018) Surat Ijin Mengemudi milik sobat mulai mendekati habis masa berlakunya ? SIM A ? SIM C ? Ini, insyaAllah saya akan share mengenai tata cara mengurus perpanjangan SIM daerah Nganjuk. Terutama buat sobat sobat yang sekarang lagi tinggal maupun berhijrah ke daerah Nganjuk. Dan yang kalo bukan dari Nganjuk, yang penting KTPnya sudah E-KTP ya. Ingat ? KTPnya sudah E-KTP. Soalnya kalo KTP bukan E-KTP, perpanjangan SIMnya gak bisa (jika di KTP tertera bukan dari kabupaten Nganjuk), kalo uda E-KTP nih, bisa perpanjangan SIM dimana aja, termasuk di Nganjuk ini, kabupaten Nganjuk Jawa Timur Indonesia. Begini, masa berlaku SIM itu, hanya 5 tahun. Tidak seperti E-KTP yang masa berlakunya seumur hidup ya Sobat. Jika SIM kita buat tahun 2017 ini, maka dia akan berlaku sampai tahun 2022. Nah ketika tahun 2022, harus dilakukan perpanjangan sobat. Begitu seterusnya setiap 5 tahun. Mengenai waktu memperpanjang SIM, sesuai aturannya

OBU, OPERASI BANDAR UDARA ADALAH

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu. Oke sobat, sobat tahu apa itu Program Studi Operasi Bandar Udara (OBU) ? Kira kira apa saja yang dipelajari jika sudah menjadi Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Lalu, bagaimana prospek kerja kedepan setelah menjadi lulusan Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Berikut adalah beberapa informasi mengenai Program Studi Operasi Bandar Udara, semoga bermanfaat untuk sobat sobatku semua. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Foto Taruna Program Studi Operasi Bandar Udara PPI Curug tahun 2020, Sumber : @aldiladram201 DAFTAR ISI 1.  Program Studi Operasi Bandar Udara 2.  Biaya Pendidikan Operasi Bandar Udara 3.  Materi Pembelajaran Program Studi Operasi Bandar Udara 4.  Sertifikat Pasca Pendidikan di Program Studi Operasi Bandar Udara 5.  Prospek Kerja Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 6.  Gaji Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 1. Program Studi Ope

KULIAH DI PENERBANGAN ? BACA DULU ENAK DAN GAK ENAK KETIKA PENDIDIKAN DI PENERBANGAN

Sobat memiliki niat untuk meniti karir di dunia penerbangan ? Atau sobat bercita cita untuk menjadi seorang yang mengabdi untuk penerbangan di langit Nusantara ? Sebaiknya sobat terlebih dahulu memiliki gambaran mengenai kehidupan di taruna perhubungan itu seperti apa, supaya sobat tidak menyesal di kemudian hari, atau supaya sobat tidak down saat menjalani pendidikan sebagai taruna perhubungan. Foto diambil tahun 2017, mereka adalah saudara saya seangkatan dari Prodi TNU PPI Curug atas dari kiri ke kanan Malik dan Fachri, bawah Rayen dan Bima Coba sobat baca dulu, PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN . Selain itu juga supaya sobat lebih mantab dalam memilih jalan meniti karir di penerbangan. Sobat, Memang kuliah di penerbangan terlihat begitu 'gagah', tampak keren, berseragam taruna, berchevron dan sering menjadi sorotan masyarakat karena kegagahan seragamnya. Namun, sobat pernahkah berfikir, enak gak enaknya kuliah di penerbangan ? dan enak gak enaknya setelah k

NAMA ATRIBUT TARUNA ATKP SURABAYA

Sobat catar (Calon Taruna), mungkin kalian yang baru masuk POLTEKBANG Surabaya, meski hanya sekedar ingin ikut pendaftaran atau hanya sekedar mencari informasi mengenai POLTEKBANG, merasa agak kaget ya kalo lihat penampilan Taruna di POLTEKBANG Surabaya. Terutama dalam berpakaian yang serba rame, dengan baju yang ditempeli banyak atribut. Ets, jangan salah, seluruh atribut yang dikenakan itu memiliki nama , baik. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Berikut, saya akan tunjukkan mengenai nama atribut yang digunakan. S aya mengambil gambar foto dari salah satu taruna di POLTEKBANG Surabaya, berikut nama nama atributnya.  FOTO TARUNA TAHUN 2015 SEDANG MENGGUNAKAN SERAGAM PDH (PAKAIAN DINAS HARIAN) JAZBA OLEH TARUNA DARI TNU VII POLTEKBANG SURABAYA semoga bermanfaat, *catatan :  Foto - foto di atas ini diambil tahun 2016, so seragam yang masih digunakan masih berwarna biru (atasan) dan biru donker (bawahan), mulai tahun 2017, seluruh taruna transportasi