Langsung ke konten utama

LULUS POLITEKNIK PENERBANGAN APAKAH LANGSUNG KERJA ?

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat selalu, dalam keadaan bahagia selalu. Sobat, Mungkin dari sobatku semua ada yang bertanya, Sebenarnya setelah lulus dari Politeknik Penerbangan, apakah langsung diterima di tempat kerja ? Sebenarnya lulusan Poltekbang, benar benar prospek gak sih ? Mungkin untuk membantu menjawab pertanyaan dan uneg uneg sobat, saya akan sharing mengenai pengalaman saya setelah lulus dari Salah satu Politeknik Penerbangan di Indonesia. Semoga pengalaman saya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas. Apa itu Politeknik Penerbangan Sobat, Politeknik Penerbangan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik teknik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Di Indonesia, terdapat 6 Politeknik Penerbangan di bawah naungan Kementerian Perhubungan yaitu Poltekbang Jayapura, Poltekbang S

TIPS TES SAMAPTA SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabanya hari ini ? Semoga sobatku semua sehat selalu. Sobat akan menjalani tes samapta ? Bagaimana tips dan kiat kiatnya ? 
SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA 
Acara yudisium POLTEKBANG Surabaya tahun 2017

(ditulis pada 8 Oktober 2017, direvisi pada 26 Juli 2021 )
Kesamaptaan, berasal dari kata samapta yang artinya ready, prepare atau bisa juga kesiapan fisik (hukumonline.com). Sobat yang belum tahu samapta, bisa deh baca sekelumit goresan jemari ini mengenai tes samapta, yang mudah mudahan bisa bermanfaat bagi sobat. Terutama yang akan mau ikut seleksi masuk ke balai, akademi, politeknik maupun sekolah tinggi dibawah naungan BPSDM Perhubungan matra udara.
Pada SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna)  Perhubungan tahun 2017, seleksi tes kesamaptaan masuk dalam seleksi tes tahap IV, yaitu (Tes Kesamaptaan dan Tes Wawancara).  Seleksi ini dilaksanakan setelah tes tahap III yaitu Tes Kesehatan.
Tes Samapta pada SIPENCATAR Pehubungan 2017, terbagi menjadi 4 tes Sobat. 4 Tes tersebut antara lain, Lari 12 menit, shuttle run 10 meter, sit up dan push up. Uda, itu aja, kalo Sobat nanya, “kok nggak ada pull up ya ?” Ya,, kebijakan tahun 2017 seperti itu e sobat. Hehe. Berdoa lah mudah mudahan jenis tes tahun 2018 dan seterusnya nanti sama seperti tahun 2017. Aamiin. *Ngareep banget,, hehe.
Pertama tes, lari 12 menit
Tes pertama biasanya lari 12 menit sobat. Jika di Politeknik Penerbangan Surabaya, sebelum lari, jajaran pengasuh taruna dari AURI dan ALRI  akan memandu Sobat peserta SIPENCATAR untuk melakukan pemanasan seperti peregangan. Setelah itu, dibagi kelompok. Kemudian, berlari memutari lapangan upacara selama 12 menit. Tiap tiap dari Sobat peserta tes akan diberi nomor dada, yang hanya dipakai ketika persiapan lari sampai waktu berlari habis. Saat waktu berlari habis, peluit tanda berhenti dibunyikan, sobat harus berhenti dari berlari dan sobat harus segera meletakkan nomor dada tepat di tempat berhenti sobat. Dari peletakan nomor dada itu, akan dihitung jarak berlari sobat selama 12 menit tadi. Standartnya, sobat akan dapat nilai 100 saat sobat bisa berlari sejauh 3444 meter (untuk laki laki) dan 3095  meter (untuk perempuan). Mantab bukan ? Jika sobat bisa lebih dari itu, luarbiasa sekali. :D
Berikut adalah tabel nilai yang saya peroleh dari kawan saya @firman.fsh di video reelsnya.


Bagaimana Tips Supaya kuat berlari ?
Tips pertama, Sobat harus sering berlatih, minimal satu bulan sebelum pelaksanaan tes Kesamaptaan, Sobat bisa ambil dua hari sekali saat sore hari atau pagi hari, untuk jogging terlebih dahulu sekitar 10 sampai 15 menit pada minggu pertama, pada minggu kedua ketiga dan keempat, mulailah melatih berlari 12 menit untuk mendapatkan nilai sempurna setiap hari, yaitu berlari sejauh 3444 meter untuk putra dan 3095 meter untuk putri. Tentunya menyesuaikan kondisi badan sobat. Semoga tetap sehat dan selalu dalam lindungan Allah mendapat nilai sempurna dalam tes lari.

Tips kedua, sebelum sobat berlari, biasakan melakukan peregangan terlebih dahulu untuk menghidari terjadinya cidera.

Tips ketiga, biasakan tidak makan atau minum banyak makanan atau minuman sebelum berlari, karena biasanya akan menyebabkan perut nyeri ketika berlari.
Tips keempat, atur nafas sebaik mungkin ketika berlari supaya perut tidak mudah nyeri dan nafas bisa kuat serta tahan untuk berlari lama. Karena nyeri perut saat berlari adalah penyebab dari kebanyakan Sobat tidak kuat berlari. Cara mengaturnya adalah dengan latihan. Misalnya, saat menit pertama, menit kedua dan ketiga, sobat berlari dengan bernafas menggunakan hidung saja, setiap satu tarikan nafas adalah untuk 4 langkah, dan satu hembusan nafas juga untuk 4 langkah. Kemudian pada menit ke empat, lima, enam, sobat masih menggunakan hidung saja namun dengan satu tarikan nafas untuk 3 langkah dan satu hembusan nafas untuk 3 langkah pula. Lalu pada menit ke tujuh, delapan, sembilan sobat masih menggunakan hidung saja untuk bernafas namun dengan satu tarikan nafas untuk dua langkah dan satu hembusan nafas untuk dua langkah. Dan pada menit ke sepuluh, sebelas dan dua belas, sobat mulai menggunakan hidung dan mulut untuk bernafas dengan satu tarikan nafas untuk dua langkah lari dan satu hembusan  nafas untuk dua langkah lari. Biasanya dengan begitu, nyeri perut akibat lari bisa sangat diminimalisir. Bahkan sama sekali tidak terasa nyeri.

Tips kelima, saat sobat merasa sangat mual saat latihan berlari 12 menit, maka muntahkanlah. Jangan di tahan.
Tips keenam, selesai sobat berlari (baik saat latihan maupun tes) jangan langsung duduk dengan melipat lutut, bersila maupun bersimpuh. Karena akan menghalangi aliran darah pada pembuluh darah di kaki yang bisa menyebabkan penumpukan tekanan darah ke kaki. Ini bisa memicu varises (yang sangat bahaya jika ditemukan saat tes kesehatan fisik). Setelah itu sobat juga jangan langsung tiduran, (meski kebanyakan kepala terasa pusing saat setelah berlari),  karena sesuai pengalaman, kepala malah akan terasa lebih pusing setelah tiduran dan tubuh terasa lemas. Solusinya, lakukan berjalan sejenak setelah berlari. Jika dirasa cukup, berhentilah, posisikan kaki kanan bersilang kedepan terhadap kaki kiri. Ambil posisi seperti ruku’ (saat sholat), kemudian ayun ayunkan tangan ke depan dan ke belakang bergantian kanan dan kiri. Setelah cukup, posisikan kaki kiri bersilang ke depan terhadap kaki kanan, lakukan gerakan yang sama. Jika dirasa cukup, buka kaki, tarik nafas dari posisi tangan dibawah, angkat kepala dan tangan keatas, tahan dua detik, hembuskan sekuat kuatnya dengan melempar tangan ke bawah, dan jika (gak malu) sertai dengan triak sekencang kencangnya. “huuuuaah”. Bisa dipastikan, setelah melakukan itu, kepala tidak terasa pusing. Bisa kan ? Sobat pasti bisa.
Bagi sobat yang belum tahu push up, ini nih, ane kopi.in dari mbah gugle, dari bapak Wiki (id.wikipedia.org) push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Seperti biasanya ketika sobat melaksanakan olahraga di SMA dan ada tes push up untuk kegiatan praktek (biasanya). Pada tes push up, waktu yang diberikan adalah 1 menit alias 60 detik. Sobat akan dapat nilai sempurna 100 jika sobat bisa push up sebanyak 42 kali (Cowok) dan 37 kali (cewek) dalam sau menit. Tapi push upnya harus bener ya sobat. Untuk sobat cowok, tumpuan push up yang digunakan adalah ujung kaki, dan untuk sobat cewek, tumpuannya adalah lutut. Berikut adalah daftar tabel nilai yang saya dapatkan dari kawan saya @firman.fsh di post reelsnya.


Lalu, gimana ya kriteria push up yang benar ?

Sebenarnya cuma dua sobat, yaitu yang pertama ketika posisi turun, badan tidak menyentuh tanah, dan badan terlihat ikut turun semua sampai posisi badan sejajar siku (tidak hanya kepalanya yang naik turun) jadi sebisanya lurus. Kemudian, yang kedua, ketika naik, posisi tangan lurus dan badan lurus (tidak melengkung). Begitu seterusnya naik turun naik sampai sebanyak banyaknya selama satu menit.

Lalu, tips biar kuat push up bagaimana ya ?

Sobat, segala sesuatu itu butuh latihan, jadi tips yang pertama adalah latihan. Berlatihlah push up sebulan sebelum pelaksanaan tes samapta. Diawali dengan sepuluh push up di pagi hari dan sepuluh push up di sore hari pada minggu pertama. Kemudian pada minggu ke dua, tiga dan empat, mulailah berlatih push up sebanyak banyaknya selama satu menit. Kenapa harus sepuluh sepuluh pada minggu pertama ? Sobat, jika sobat tidak biasa push up sebelumnya, bisa dipastikan, lengan sobat, dada sobat, bagian bawah leher jika langsung ngelakuin push up  kebanyakan akan terasa pegal. Dan itu bisa mengganggu aktivitas sobat bersekolah atau kuliah. So, perlahan namun pasti yah.

Tips kedua, seperti biasa, lakukan peregangan bagian lengan dan bagian dada. Ini bisa membantu meminimalisir supaya tidak pegal pasca push up.

Tips ketiga, usahakan push up dengan pandangan mengarah ke depan, bukan mengarah ke bawah (ke arah tanah). Ini bisa memicu kerusakan lensa mata sobat dikarenakan ketika posisi turun, pandangan mata terlalu dekat dengan tanah (dibawah 25 cm).

Tips ke empat, atur nafas ketika  push up.
Tips kelima, jika pegel pasca push up, berhentilah berlatih selama sehari (untuk penyembuhan). Lakukan push up lagi pada hari selanjutnya. Dengan minimal jumlah yang sama dengan hari sebelumnya. Saya kira itu lah sobaat tips latihan untuk push up.
Next, test selanjutnya, yaitu tes ketiga, tes sit up.
Sit Up, Sobat pasti sudah tahu sit up, sit up gampangnya gerakan duduk-bangun. Dilakukan dengan menganyam jemari tangan di belakang kepala. Gerakan yang menguatkan otot perut ini merupakan gerakan yang semua sobat (cowok maupun cewek) bisa melakukannya tanpa perbedaan posisi. Nilai sobat akan sempurna dalam tes samapta saat sobat bisa mencapai 40 kali sit up (untuk cowok) dan 50 kali sit up (untuk cewek), ingat 40 cowok dan 50 cewek (gak kebalik dan jangan kebalik) dalam 1 menit alias 60 detik. Asal posisinya benar, bisa deh sobat lolos dan dapat nilai 100 di tes sit up. Posisinya yang penting, usahakan mencium lutut saat posisi duduk. Begitu seterusnya.
Berikut adalah daftar tabel nilai sit up dari @firman.fsh yang diupload di reelsnya.


Tipsnya biar kuat sit up bagaimana ya ?

Tips yang pertama banyak berlatih, seperti push up, mulai berlatihlah sebulan sebelum tes.  Berlatihlah sit up sepuluh kali pagi dan sepuluh kali sore selama seminggu pertama, baru pada minggu ke dua, tiga dan empat, berlatihlah setiap hari dengan bepatokan satu menit berapa banyak yang sobat bisa lakukan.

Tips yang ke dua, saat dalam posisi turun, usahakan anyaman tangan tidak terlalu kebawah hingga menyentuh matras atau tanah. Karena jika itu terjadi, biasanya otot perut yang ketika bergerak turun posisinya kencang, jadi kendor ototnya, jika sudah kendor, butuh waktu lagi untuk menjadikannya kencang kembali untuk menaikan badan. Jadi, jangan sampai turunnya posisi kepala bersandaran dengan anyaman tangan yang menempel di atas matras. Sehingga, belum sampai menempel, tariklah tubuh ke atas. Dengan demikian kemungkinan mendapatkan kecepatan sit up bisa tercapai.

Tips ke tiga, atur nafasnya.
Pasti sobat juga sudah tahu, bagaimana cara mengatur nafas.
Lanjut ke tes shuttle run. Tes ke empat.
Shuttle Run merupakan tes lari berbentuk angka delapan dengan mengitari dua tiang yang berjarak 10 meter dengan bersilang sebanyak 3 kali. Kemudian, pada putaran terakhir, langsung lurus berlari ke finish. Untuk sobat cowok, akan dapat nilai 100 jika bisa samai finish selama 16.2 detik, untuk sobat cewek adalah selama 17.6 detik. Dan jangan sampai lebih dari 20 detik. So banyaklah berlatih mulai besok kalo mau ada seleksi SIPENCATAR tahun depan hehe.

TIPSnya biar shuttle run cepet bagaimana ya ?
Tips yang pertama, sobat pastinya harus latihan menghadapi shuttle run selama satu bulan terlebih dahulu untuk persiapan. Biasakan sprint pendek dan melakukan belokan ketika sprint seperti saat shuttle run.
Ane rasa itu sobat tips untuk mempersiapkan diri menghadapi SIPENCATAR Perhubungan khususnya Tes Kesamaptan. Mudah mudahan bermanfaat, bisa diterapkan oleh sobat. Dimanapun. Semoga lolos di tes tahap IV ini, semoga LOLOS menjadi taruna Perhubungan.

"INTINYA SATU SOBAT DALAM SAMAPTA"
"- rajin berlatih -"
JANGAN TAKUT GAGAL, karena GAGAL itu gak ada, yang ada JALAN HIDUP MASING MASING ORANG BERBEDA

NB : Sorry sobat, foto paling atas, lagi lagi gak nyambung ama judul artikel.  ya,,, makhlum ya, ane nulis ini juga ane uda lulus dari akademi. Foto di atas adalah foto ane dengan adek kelas prodi TNU. Mereka berdua adalah partner dalam karya tulis dan pengembangan Tugas Akhir ane sobat. Yang kanan sekarang menjabat sebagai Kasi Kesenian dalam Resimen tahun ajaran 2017/2018.  Tengah itu ane sendiri. Dan yang kiri, dia ini partner setia karya tulis ane, pengembangan alat deteksi skilu  yang terintegrasi. Sekarang dia juga sedang untuk tulisannya untuk majalah 'altius' majalah intern Poltekbang Surabaya. Nah, insyaAllah kalo sobat masuk Politeknik Penerbangan Surabaya tahun 2018, sobat akan nemui bliau-bliau ini sudah tingkat III course TNU.

Komentar

  1. Halo sob. Mo tanya . Klo saat tes kaki saya banyak varises . Itu langsung gugur atau. Boleh lanjut. Tapi nilai berkurang. Soalnya saya kuat lari dan tes fisik. Tapi varisesan. Mohon pencerahannya ....

    BalasHapus
  2. Halo sob. Mo tanya . Klo saat tes kaki saya banyak varises . Itu langsung gugur atau. Boleh lanjut. Tapi nilai berkurang. Soalnya saya kuat lari dan tes fisik. Tapi varisesan. Mohon pencerahannya ....

    JAWAB :
    ts semapta dana tes fisik nilainya tidak di compare sobat, alias gak dicampur, sekarang sistem gugur soalnya. ikut aja tes semapta, kalo lolos baru tes kesehatan, tergantung nanti bagaimana kebijakan urutan tes nya, yang jelas tetap ikuti aja. semangat, terus berusaha dan terus berdoa ya.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan sebelumnya

PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN

Halo sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu.  Sobat tahu ada berapa jurusan di sekolah penerbangan ? Apakah hanya jurusan pilot dan pramugari saja ? Ternyata jurusan di sekolah penerbangan di Indonesia kini sangat beragam. Ada jurusan yang fokus menjadi pemandu perjalanan pesawat dan fokus menjadi teknisi. Jajaran Resimen Tahun Ajaran 2015/2016 Politeknik Penerbangan Surabaya Foto atas merupakan foto alumni tahun 2016 dan 2017 POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Alhamdulillah sekarang sudah bekerja di perusahaan perusahaan penerbangan. Atas, Paling kiri ke kanan, AP1, GMF, AirNav, AirNav, Prodi TPU Poltekbang Surabaya, AirNav, AirNav, GMF, GMF, AirNav.  Bawah, Paling kiri ke kanan, AP1, AP1, AP2. Nah sobat, di Indonesia, sekarang mulai didirikan beberapa pendidikan tinggi politeknik yang menyediakan jasa pendidikan dengan prospek yang nantinya meruncing menjadi tenaga kerja di penerbangan. SIAP IKUT SELEKSI PENERIMAAN CALON TARU

DIPLOMA NON DIPLOMA POLTEKBANG SURABAYA ?

(Diperbarui pada Maret 2018) Sobat mungkin yang masih duduk di bangku setara SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) masih bertanya tanya ini, apa bedanya jenjang pendidikan diploma dan non diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya. Atau mungkin bingung, pilih diploma, atau non Diploma, kenapa beda, ? Berikut saya share yang saya ketahui mengenai Diploma dan Non Diploma di  Politeknik Penerbangan Surabaya. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   ND TPU 6 Non Diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya adalah jenjang pendidikan yang tidak mengeluarkan ijazah 'Ahli Madya' pasca kelulusan. Sehingga setelah lulus dari pendidikan Non Diploma, taruna hanya akan mendapatkan sertifikat kecakapan, yaitu lisensi. Di Politeknik Penerbangan Surabaya, biasanya setiap tahun membuka pendaftaran untuk kelas Non Diploma dengan tujuan Diklat Lisensi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk jurusan yang dibuka dalam program Non Diploma, Politeknik Penerbangan Surabaya, p

TIPS PSIKOTES SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobatku semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Sobat, TAHAP PSIKOTES merupakan salah satu tes yang diberikan saat sobat mengikuti berbagai seleksi masuk, baik perusahaan maupun perguruan tinggi. Salah satu yang menggunakan TAHAP PSIKOTES adalah SIPENCATAR PERHUBUNGAN atau Seleksi Penerimaan Calon Taruna Perhubungan. Nah kemudian bagaimana tahap tahapnya ? Apa kiat kiat yang bisa kita lakukan untuk lolos di TAHAP PSIKOTES ? Sebelum membaca lebih lanjut, siapkan secangkir kopi dan sepotong kue untuk menemani sobat dalam mebaca artikel saya yang panjang ini, haha. Bliau adalah Taruna D-III TNU Poltekbang Surabaya, masuk tahun 2018. Rionara TES PSIKOLOGI Nah Sobat, Tes psikologi di SIPENCATAR Perhubungan merupakan tes yang wajib diikuti untuk menjadi syarat masuk calon taruna. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi calon taruna apakah sesuai dengan konsentrasi program studi yang dipilih nantinya disesuaikan dengan kond

TIPS TES INTERVIEW SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Waktu terus berlalu ya , tiba tiba sudah akan dilaksanakan tes interview. Ya, seperti ini lah hidup, jalani saja dulu, ikhtiar, hasil akhir Allah sudah urus, yang penting selalu positif thinking dengan semua skenario kisah hidup yang kita jalani masing masing.  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Mengenai tes interview, saya semoga masih ingat dan mungkin bisa berbagi sedikit tips dari pengalaman tes interview saya beberapa waktu silam untuk seleksi masuk di sekolah kedinasan ini. Hehe, makhlum, sudah tua, sudah lama, tapi namanya pengalaman kan, apa salahnya berbagi. Oke sobat, ndak usah galau mau jalani tes, uda jalani aja, relax. Itu yang penting. Belajar relax berhadapan dengan siapapun mulai sekarang ya, || BACA Juga ||   TES TAHAP SATU SEPERTI APA KAH ?   PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN     TEST INTERVIEW SIPENCATAR ? GAMPANG     TIPS TES KESAMAPTAAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN      SIAP TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN ?    Gimana ya Kehidupan Taruna ?

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK (diperbaharui pada Mei 2018) Surat Ijin Mengemudi milik sobat mulai mendekati habis masa berlakunya ? SIM A ? SIM C ? Ini, insyaAllah saya akan share mengenai tata cara mengurus perpanjangan SIM daerah Nganjuk. Terutama buat sobat sobat yang sekarang lagi tinggal maupun berhijrah ke daerah Nganjuk. Dan yang kalo bukan dari Nganjuk, yang penting KTPnya sudah E-KTP ya. Ingat ? KTPnya sudah E-KTP. Soalnya kalo KTP bukan E-KTP, perpanjangan SIMnya gak bisa (jika di KTP tertera bukan dari kabupaten Nganjuk), kalo uda E-KTP nih, bisa perpanjangan SIM dimana aja, termasuk di Nganjuk ini, kabupaten Nganjuk Jawa Timur Indonesia. Begini, masa berlaku SIM itu, hanya 5 tahun. Tidak seperti E-KTP yang masa berlakunya seumur hidup ya Sobat. Jika SIM kita buat tahun 2017 ini, maka dia akan berlaku sampai tahun 2022. Nah ketika tahun 2022, harus dilakukan perpanjangan sobat. Begitu seterusnya setiap 5 tahun. Mengenai waktu memperpanjang SIM, sesuai aturannya

TIPS TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN

SOBAT LOLOS TES PSIKOLOGI TAHAP DUA ? Barakallah, semoga bisa lolos pada tes kesehatan yang akan dilaksanakan tanggal 18-21 Juli 2017 nanti, (tulisan ini ditulis @ 15 Juli 2017). Pasti sobat penasaran ya, seperti apa tips lolos seleksi kesehatan ? Tapi, mengapa ya harus ada seleksi kesehatan ? SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Lembaga pendidikan milik kementrian perhubungan menjadikan tes kesehatan sebagai salah satu seleksi karena tentunya menginginkan insan yang masuk nanti merupakan insan yang selalu prima dan bugar. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Ya, seperti itulah, diharapkan nanti, sumber daya manusia yang bekerja di lingkup wilayah perhubungan merupakan sumber daya manusia unggulan yang tahan banting dan selalu prima dalam bekerja. Diadakanlah tes kesehatan, Tipsnya apa saja ya ? Saya share sedikit mengenai persiapan tes kesehatan, 1. Selama menunggu tes datang, rajinlah berolahraga, terutama berlari. Olah raga dengan berla

KULIAH DI PENERBANGAN ? BACA DULU ENAK DAN GAK ENAK KETIKA PENDIDIKAN DI PENERBANGAN

Sobat memiliki niat untuk meniti karir di dunia penerbangan ? Atau sobat bercita cita untuk menjadi seorang yang mengabdi untuk penerbangan di langit Nusantara ? Sebaiknya sobat terlebih dahulu memiliki gambaran mengenai kehidupan di taruna perhubungan itu seperti apa, supaya sobat tidak menyesal di kemudian hari, atau supaya sobat tidak down saat menjalani pendidikan sebagai taruna perhubungan. Foto diambil tahun 2017, mereka adalah saudara saya seangkatan dari Prodi TNU PPI Curug atas dari kiri ke kanan Malik dan Fachri, bawah Rayen dan Bima Coba sobat baca dulu, PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN . Selain itu juga supaya sobat lebih mantab dalam memilih jalan meniti karir di penerbangan. Sobat, Memang kuliah di penerbangan terlihat begitu 'gagah', tampak keren, berseragam taruna, berchevron dan sering menjadi sorotan masyarakat karena kegagahan seragamnya. Namun, sobat pernahkah berfikir, enak gak enaknya kuliah di penerbangan ? dan enak gak enaknya setelah k

NAMA ATRIBUT TARUNA ATKP SURABAYA

Sobat catar (Calon Taruna), mungkin kalian yang baru masuk POLTEKBANG Surabaya, meski hanya sekedar ingin ikut pendaftaran atau hanya sekedar mencari informasi mengenai POLTEKBANG, merasa agak kaget ya kalo lihat penampilan Taruna di POLTEKBANG Surabaya. Terutama dalam berpakaian yang serba rame, dengan baju yang ditempeli banyak atribut. Ets, jangan salah, seluruh atribut yang dikenakan itu memiliki nama , baik. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Berikut, saya akan tunjukkan mengenai nama atribut yang digunakan. S aya mengambil gambar foto dari salah satu taruna di POLTEKBANG Surabaya, berikut nama nama atributnya.  FOTO TARUNA TAHUN 2015 SEDANG MENGGUNAKAN SERAGAM PDH (PAKAIAN DINAS HARIAN) JAZBA OLEH TARUNA DARI TNU VII POLTEKBANG SURABAYA semoga bermanfaat, *catatan :  Foto - foto di atas ini diambil tahun 2016, so seragam yang masih digunakan masih berwarna biru (atasan) dan biru donker (bawahan), mulai tahun 2017, seluruh taruna transportasi

OBU, OPERASI BANDAR UDARA ADALAH

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu. Oke sobat, sobat tahu apa itu Program Studi Operasi Bandar Udara (OBU) ? Kira kira apa saja yang dipelajari jika sudah menjadi Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Lalu, bagaimana prospek kerja kedepan setelah menjadi lulusan Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Berikut adalah beberapa informasi mengenai Program Studi Operasi Bandar Udara, semoga bermanfaat untuk sobat sobatku semua. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Foto Taruna Program Studi Operasi Bandar Udara PPI Curug tahun 2020, Sumber : @aldiladram201 DAFTAR ISI 1.  Program Studi Operasi Bandar Udara 2.  Biaya Pendidikan Operasi Bandar Udara 3.  Materi Pembelajaran Program Studi Operasi Bandar Udara 4.  Sertifikat Pasca Pendidikan di Program Studi Operasi Bandar Udara 5.  Prospek Kerja Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 6.  Gaji Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 1. Program Studi Ope