Assalamualaikum sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat selalu, dalam keadaan bahagia selalu. Sobat, Mungkin dari sobatku semua ada yang bertanya, Sebenarnya setelah lulus dari Politeknik Penerbangan, apakah langsung diterima di tempat kerja ? Sebenarnya lulusan Poltekbang, benar benar prospek gak sih ? Mungkin untuk membantu menjawab pertanyaan dan uneg uneg sobat, saya akan sharing mengenai pengalaman saya setelah lulus dari Salah satu Politeknik Penerbangan di Indonesia. Semoga pengalaman saya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas. Apa itu Politeknik Penerbangan Sobat, Politeknik Penerbangan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik teknik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Di Indonesia, terdapat 6 Politeknik Penerbangan di bawah naungan Kementerian Perhubungan yaitu Poltekbang Jayapura, Poltekbang S
Halo Sobat, Bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu. Nah, pasti sobat yang ingin masuk Politeknik Penerbangan bertanya-tanya apa sih itu Program Studi TNU (Teknik Navigasi Udara) ? Apa saja yang dipelajari di Program Studi TNU (Teknik Navigasi Udara) ? dan biasanya bakal jadi apa nanti kalo udah lulus dari Program Studi TNU (Teknik Navigasi Udara) ? (diperbarui pada Desember 2020)
Foto tersebut menujukkan seorang Teknisi Telekomunikasi melakukan pemeliharaan fasilitas ILS. Beliau adalah Fitra, alumni Program Studi Teknik Navigasi Udara dari Poltekbang Makassar tahun 2018 |
DAFTAR ISI
- 1. Program Studi Teknik Navigasi Udara
2. Biaya Pendidikan Program Studi Teknik Navigasi Udara
3. Materi Pembelajaran Program Studi Teknik Navigasi Udara
4. Sertifikat Pasca Pendidikan di Program Studi Teknik Navigasi Udara
5. Prospek Kerja Lulusan Program Studi Teknik Navigasi Udara
6. Gaji Teknisi Navigasi Lulusan Program Studi Teknik Navigasi Udara
1. Program Studi Teknik Navigasi Udara
Sobat, mungkin bagi sobat yang memiliki bakat dan minat dalam bidang elektronika, pemrograman dan mendalami ilmu listrik arus lemah, Program Studi Teknik Navigasi Udara bisa menjadi salah satu pijakan langkah sobat dalam berkarir di dunia penerbangan.
Program Studi Teknik Navigasi Udara memiliki visi menjadikan Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara menjadi taruna yang berkompeten, profesional dan beretika dalam bidang Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara.
Kemudian mengenai visi misi lebih lengkapnya, bagaimana kurikulumnya, dan standar kompetensinya, sobat bisa kunjungi web resmi Politeknik Penerbangan berikut ini :
2. Biaya Pendidikan Program Studi Teknik Navigasi Udara
Biaya pendidikan untuk Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara tergantung jenjang pendidikan yang dipilih. Misalnya nih sobat, pilih program Diploma 3 atau program Diploma 4. Kalau program diploma 3, pendidikannya akan berlangsung selama 3 tahun. Jika program diploma 4, maka pendidikannya akan berlangsung selama 4 tahun. Tentunya yang diploma 4 akan lebih mahal daripada program diploma 3. Selain itu juga tergantung dari jenis kelas program seleksi. Yaitu misalnya program kelas pola Pembibitan, kelas Regular atau kelas Mandiri. Tentunya program kelas Mandiri lebih mahal dari kelas regular dan kelas pola pembibitan. Sebenarnya biayanya berapa ya ?
Kira kira biaya masuk semester awal untuk menjadi Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara yaitu sekitar 15 juta Rupiah sampai 25 juta Rupiah, tergantung dari kelasnya. Dan itu juga akan tergantung kebijakan Politeknik Penerbangan karena setiap tahun akan berbeda. Kemudian untuk biaya semester selanjutnya akan lebih murah, yaitu sekitar 9 juta rupiah sampai 15 juta rupiah. Untuk semester pertama itu lebih mahal, dikarenakan adanya kegiatan Madatukar (Masa Dasar Pembentukkan Karakter) untuk Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara dibarengkan taruna program studi lainnya. Kemudian akan lebih murah lagi ketika Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara sedang melaksanakan OJT (On The Job Training) di perusahaan jasa penerbangan. Biaya semester turun menjadi sekita 3 juta rupiah sampai 9 juta rupiah.
Maka jika diasumsikan, perkiraan total biaya pendidikan Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara, adalah sekitar 80 juta rupiah sampai 100 juta rupiah untuk Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara diploma 3 dan sekitar 100 juta rupiah sampai 120 juta rupiah untuk biaya pendidikan Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara diploma 4.
Itu sudah lengkap dengan segala kegiatan Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara dan segala fasilitas untuk Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara tanpa harus membayar apapun lagi.
Tapi satu hal yang perlu diingat adalah bahwa setiap tahun pembiayaan pasti berubah, bisa lebih murah atau bahkan bisa lebih mahal. Seperti hal nya masa pandemi ini, karena kegiatan ketarunaan sekarang harus daring, biaya yang dibebankan ke taruna turun hingga sekitar 3 juta rupiah saja tiap semester. Jadi Sobat ndak usah khawatir tentang biaya, diniati bismillah. semangat.
3. Materi Pembelajaran Program Studi Teknik Navigasi Udara
Sobatku, jika nanti sobat masuk dan lolos menjadi Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara. Biasanya sobat akan bertemu dengan materi pembelajaran elektronika dasar, bahasa inggris dasar, matematika dasar, sampai mata kuliah yang spesifik seperti materi Transmitter dan Receiver, RADAR (Radio Detection and Ranging), ILS (Instrument Landing System) bahkan sampai prinsip kerja DVOR (Doppler VHF Omnidirectional Range)
Mungkin saya bisa jelaskan sedikit buat bekal sobatku sebelum masuk dan lolos menjadi Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara. Nah,,
Apa itu transmitter dan receiver ? Transmitter adalah pemancar, merupakan rangkaian elektronika yang bisa digunakan untuk memancarkan gelombang elektromagnetik yang nantinya akan diterima oleh Receriver (penerima).
Kemudian apa itu RADAR (Radio Detection and Ranging) ? Merupakan alat deteksi keberadaan objek di area sekitar RADAR. Yang prinsip kerjanya menggunakan efek echo atau pantulan dari objek yang terdeteksi oleh sapuan RADAR dan diterima kembali kemudian dijadikan data.
lalu apa itu ILS (Instrument Landing System) ? ILS merupakan komponen peralatan yang berfungsi untuk alat bantu pendaratan pesawat secara instrument supaya pesawat bisa landing (mendarat) dengan presisi.
Kemudian apa itu DVOR (Doppler VHF Omnidirectional Range) ? Merupakan alat bantu navigasi penerbangan yang membantu pesawat untuk mengetahui arah pesawat, posisi pesawat terhadap bandara, mengetahui nama bandara dan sebagai alat bantu pendaratan yang centerline (garis lurus) dengan runway.
Dan masih banyak lagi pelajaran yang lebih seru sobat. Kalo Sobat nanti sudah jadi Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara, jangan patah semangat untuk terus belajar ya.
4. Sertifikat Pasca Pendidikan di Program Studi Teknik Navigasi Udara
Sobat, ketika Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara lulus dari Politeknik Penerbangan, maka Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara akan diusahakan oleh Program Studi Teknik Navigasi Udara untuk memperoleh Lisensi Personil Teknisi Telekomunikasi dari Direktorat Navigasi Penerbangan (Dirnavpen) yang dilengkapi dengan rating basic komponen peralatan minimal satu komponen.
Lisensi tidak memiliki tanggal kadaluarsa, tapi untuk rating, nantinya memiliki batas tanggal kadaluarsa.
apa itu rating ? Rating merupakan bukti tertulis dalam lisensi yang di stempel oleh Direktorat Navigasi Penerbangan, bahwa personel sudah menguasai tipe alat tertentu.
Lalu selain Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara memperoleh Lisensi yang dilengkapi rating, Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara akan memperoleh ijazah Diploma 3 atau Diploma 4, sertifikat mandatory OJT (On The Job Training), dan Sertifikat mandatory pelatihan sesuai rating.
Lumayan kan sobat,
5. Prospek Kerja Lulusan Program Studi Teknik Navigasi Udara
Prospek kerja alumni Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara sangat beragam sobat. Di dunia penerbangan alumni Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara banyak dibutuhkan di Perusahaan Airnav Indonesia sebagai Teknisi Telekomunikasi, dibutuhkan di Perusahaan Angkasa Pura 1 dan Angkasa Pura 2 sebagai Teknisi Elektronika Bandara, di butuhkan di Perusahaan Airline sebagai mechanic aircraft untuk avionics (harus mendapat lisensi dari DKUPPU) selain itu juga dibutuhkan oleh UPBU (Unit Pelayanan Bandar Udara) sebagai teknisi elektronika, bahkan bisa juga menjadi PNS Perhubungan.
Biasanya, setiap tahun perusahaan penerbangan tersebut di atas akan membuka rekruitmen untuk menyerap alumni Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara. Banyak yang harus dipersiapkan oleh alumni Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara untuk proses rekrutmen. Hal ini dikarenakan saat proses rekrutmen, akan serasa seperti Sobat melalui proses seleksi lagi seperti saat seleksi penerimaan calon taruna (SIPENCATAR). Proses rekrutmentnya terdiri dari seleksi administrasi, seleksi tahap psikologi, seleksi tahap interview atau wawancara dan terakhir adalah seleksi tahap kesehatan (medical check up).
Jadi pesan buat sobat sobatku jika sudah masuk di Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara, jangan sia siakan waktu yang ada, gunakan untuk belajar dan raih prestasi sebanyak banyaknya ya, karena seleksi disini lumayan ketat.
Setelah lolos dari seleksi, maka sobat tinggal menunggu proses pengumuman penempatan dan surat perintah perjalanan dinas ke lokasi penempatan. Jika sobat sudah diterima kerja, jangan lupa untuk bersyukur.
6. Gaji Teknisi Navigasi Lulusan Program Studi Teknik Navigasi Udara
Bekerja dengan ikhlas terlebih dahulu, diniatkan untuk beribadah, membantu sesama. Tancapkan dalam fikiran sobat,
"Bahwa dengan saya bekerja menjaga peralatan navigasi ini, saya membantu banyak orang untuk selamat melakukan perjalanan sampai tujuan."
Niatkan untuk kebaikan dan kebaikan, baru setelah itu gaji akan muncul dengan sendirinya, "CLING CLING". hehehe.
Gaji alumni Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara apabila sudah bekerja di perusahaan penerbangan, biasanya pasti di atas UMR daerah. Gaji itu belum ditambah dengan gaji tunjangan yang kalau dikumpulkan setiap bulan bisa sampai 2 kali UMR, itu untuk fresh graduate yang sudah diangkat jadi pegawai tetap ya sobat. Makanya sobat harus semangat untuk meraih cita cita meniti karir.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sobatku semua, semoga menambah wawasan mengenai Teknik Navigasi Udara di benak sobat.
Oiya, selama pandemi ini, Penerbangan mengalami penurunan pergerakan, jadi ini merupakan sebuah ujian bagi dunia penerbangan di Indonesia. Mohon doanya dari sobat semua, semoga pandemi segera bisa teratasi dan dunia penerbangan kembali bangkit. Aamiin.
Berikut adalah beberapa dokumentasi selama menginjakkan kaki sebagai Taruna Program Studi Teknik Navigasi Udara. Semangat Sobatku semua.
mas saya sekarang sudah sampai tahap 4 di ATKP Surabaya jurusan TNU
BalasHapustahun ini subsidi pembelajarannya dicabut sehingga biaya sekolah disana berkisar 15jt
saya perlu tahu, berapakah kisaran gaji TNU setelah lulus nanti?
saya takut biaya pendidikan dengan gaji yang saya dapet setelah lulus nanti sangatlah jauh, karena untuk sekolah di ATKP sendiri pun orang tua saya harus berhutang. Terimakasih
gak usah takut.
BalasHapusingsyaAllah
yang jelas "gaji" (tidak boleh dishare publik) di Bandara itu lebih dari cukup.
dan pastinya, mahalnya pendidikan, juga pasti bisa tertutupi oleh gajimu kelak, ingsyaAllah setahun bisa menutupi pendidikanmu selama 3 tahun di ATKP Surabaya.
oleh sebab itu, jadikan perjuangan orangtua sebagai motivasimu.
semangat menuju tes interview !
mas mau tanya,tes wawancaranya nanti bakal ditanyain apa aja ya mas...,
BalasHapustrus pake b.indonesia sama b.inggris kan?
trus yg pake b.indonesia itu apa aja mas,juga yg b.inggris ditanyain apa aja mas?
hal tersebut terserah yang menguji,
BalasHapusyang penting siapkan bhs inggrisnya.
pertanyaan yang pasti muncul
1. ilmu fisika yg berhubungan dengan jurusanmu.
2. praktik pbb,
3. bakat,
smg brhasil di wawancara tgl 10 Agustus 2k15
Untuk gaji di angkasa pura apakah sama dengan gaji di airnav?
BalasHapusbeda non,
BalasHapuskak mau tanya, kalau di jurusan TNU ada perempuannya tidak? terimakasih
BalasHapusbanyak,
BalasHapusKak mau nanya kalau jurusan IPS bisa masuk TNU apa ngak,,
BalasHapusSoalnya k13 sekarang yang IPS juga belajar fisika
untuk penerimaan tahun 2016 ini, jurusan ips hanya untuk jurusan Management transportasi udara dan komunikasi penerbangan, untuk TNU masih tidak menerima jurusan dari IPS.
BalasHapusMas saya lihat profil diatas kok Unesa > atkp. Bisa sharing dikit mas? sepertinya saya mengalami hal yang sama.. :D
BalasHapusdi blog insyaAllah sudah lengkap, :D http://muhammadidikwijaya.blogspot.co.id/search/label/UNIVERSITAS%20NEGERI%20SURABAYA , alamat tersebut penglaman saya ketika di unesa,
BalasHapusKak, itu kan sudah dijelaskan apa saja yg dipelajari di TNU. Nah saya mau tanya, kalo untuk LLU apa saja ya nanti yg akan dipelajari? dan kalo boleh tau juga apa yang perlu dipersiapkan (mata pelajaran tertentu atau apa gitu)? terima kasih kak
BalasHapusBanyak belajar bahasa Inggris ya, @airlangga badar
BalasHapusKalau untuk tnu, apakah mapel hitungannya banyam?
HapusMapel banyak tentang elektronika, tentunya ada beberapa hitung2an. (:
HapusKak, kira2 biaya pendidikan swadana jurusan MTU brp kak?
BalasHapusTinggi saya 161,5cm dan berat 42 apakah bisa lulus?
BalasHapus"Tinggi saya 161,5cm dan berat 42 apakah bisa lulus?"
BalasHapus--Bisa, dicoba aja, banyak olahraga akan menamba nafsu makan n berat badan, semangat bro--
Kak mau tanya gaji lulusan jalur polbit(yg lagsung jadi ASN)itu gk sebesar gaji lulusan jalur mandiri ya?
BalasHapuskak mau tanya kalau tinggi 177 minimal BB nya berapa?
BalasHapus“kak mau tanya kalau tinggi 177 minimal BB nya berapa?“
BalasHapusJawab : wah saya bulan ahli gizi bro, hehe, btw kalo hasil search dari internet nih kayaknya sekitar 63 sampai 73 kg itu termasuk berat badan ideal.
Kak mau tanya gaji lulusan jalur polbit(yg lagsung jadi ASN)itu gk sebesar gaji lulusan jalur mandiri ya?
BalasHapusJawab :
Sama aja, biarpun itu regular, polbit atau mandiri langsung ke asn. Yg bedakan di asn itu gelarnya, dia lulusan diploma atau sarjana. Disitu baru beda gajinya.
Kak cara seleksi untuk masuk di tnu apa saja, dan wawancaranya apa menggunakan bahasa inggris
BalasHapusSeleksi masuknya sama seperti yang lain melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN, begitupun intervew. Silahkan buka link di atas tentang tes interview.
HapusKak kalau tinggi badan untuk cewek brp ya?apakah pas rikes nanti tingginya di kurangi?
BalasHapusTinggi cewe minimal 155cm. Sepertinya gak ada pengurangan.
Hapuskak izin nanya TNU itu ikut terbang atau enggak? terimakasih
BalasHapusTNU gak ikut terbang bro,
Hapuskak poltekbang itu ada asrama nya atau tidak ka
BalasHapusPoltekbang itu ada asramanya.
HapusKak mau tanya, perbedaan setelah lulus jalur seleks Polbit / mandiri apa kak ??, Maksihh
BalasHapusPolbit jadi aparatur sipil negara di kementerian perhubungan kalo mandiri bisa memiliki peluang jadi pegawai di perusahaan BUMN.
HapusPermisi kak ingin bertanya, Untuk lulusan jalur mandiri apakah bisa jd pns kak?
HapusDan cara agar bisa jd pns gimana ya kak?
HapusJalur mandiri apa bisa jd pns kak? Jika bisa bagaimana caranya?
BalasHapus