Langsung ke konten utama

LULUS POLITEKNIK PENERBANGAN APAKAH LANGSUNG KERJA ?

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat selalu, dalam keadaan bahagia selalu. Sobat, Mungkin dari sobatku semua ada yang bertanya, Sebenarnya setelah lulus dari Politeknik Penerbangan, apakah langsung diterima di tempat kerja ? Sebenarnya lulusan Poltekbang, benar benar prospek gak sih ? Mungkin untuk membantu menjawab pertanyaan dan uneg uneg sobat, saya akan sharing mengenai pengalaman saya setelah lulus dari Salah satu Politeknik Penerbangan di Indonesia. Semoga pengalaman saya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas. Apa itu Politeknik Penerbangan Sobat, Politeknik Penerbangan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik teknik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Di Indonesia, terdapat 6 Politeknik Penerbangan di bawah naungan Kementerian Perhubungan yaitu Poltekbang Jayapura, Poltekbang S

KEGIATAN TARUNA PERHUBUNGAN

Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera di Politeknik Penerbangan Surabaya
Foto di atas adalah taruna masuk tahun 2014.
(Dari kanan) Dedit TLB IX, Ivando TNU VII dan Teguh TNU VII
Mau jadi taruna perhubungan ? Nanti kegiatannya seperti apa ya ? Sobat penasaran ? Oke, mungkin itu salah satu dari bermacam macam unek unek yang muncul di benak sobat yang mulai ingin meniti karir di dunia transportasi di perhubungan.
Baik,  saya akan berbagi sedikit mengenai kegiatan sehari hari kami sebagai taruna perhubungan, terutama di Politeknik Penerbangan Surabaya.
Mulai dari Duty ON,
Politeknik Penerbangan Surabaya, layaknya dalam pendidikan militer, memberikan tugas kepada taruna sebagai pengatur waktu. Yaitu sebagai “Taruna Jaga”. Tugas taruna jaga adalah memberikan keputusan jadwal yang akan dilakukan oleh seluruh taruna di akademi selama dia bertugas satu hari penuh, selama 24 jam.
Taruna Jaga inilah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan. Komandan dan wakil komandan taruna jaga adalah dua orang dari taruna paling tua, biasanya tingkat III. Atau jika taruna tingkat III sedang bertugas, akan diwakilkan oleh taruna tingkat II.
Mulai dari Duty ON,
Taruna Jaga memastikan, kegiatan berawal dari Duty ON. Duty ON dilaksanakan pukul 04.00, yang artinya seluruh taruna harus sudah terbangun dari tempat tidurnya untuk melakukan ibadah dan kurvei ruang kamar.
Dilanjutkan Olahraga Pagi,
Olah raga pagi dilaksanakan serentak, seluruh taruna mulai tingkat I sampai tingkat III. Olahraga biasanya tidak lama, biasanya hanya peregangan, lari, latih otot lengan, perut, dan pelemasan. Olahraga biasanya berakhir sekitar 30 menit sebelum pelaksanaan makan pagi.
Sarapan,
Bersih diri dan kurvei seluruh tempat dan area asrama pasca olahraga, dilaksanakanlah apel makan pagi lengkap dan rapi. Berpakaian Dinas Harian, lengkap dengan seluruh atribut yang sudah kilap bersih, sepatu yang licin berkilau, seragam yang necis, serta mud dan peralatan lecture. Bergerak menuju ruang makan dengan berbaris peleton peleton yang bergilir.
Menata diri rapih dalam ruang makan, menunggu instruksi untuk duduk bersama, dipimpin oleh komandan Duty Taruna / Komandan Taruna Jaga yang tampak gagah berserempang kuning. Duduk, Berdoa dan bersantap sarapan pagi. Menjaga suara, focus makan tanpa mubadzir.Menu lezat, empat sehat lima sempurna. Biasanya pelaksanaan makan selesai sekitar pukul 06.30. Bergegas dan bergegas.
Makan usai, apel pagi dimulai,
Kekuatan jumlah taruna dihitung oleh komandan Duty, Pelaksanaan apel pagi dilaksanakan dengan inspektur dari satuan jajaran TNI AU sebagai pengasuh di akademi. Apel pagi berlangsung, dikomandani oleh komandan Duty taruna / Komandan Taruna Jaga dibantu oleh para komandan Kompi dan komandan Batalyon. Pelaksanaan Apel berakhir biasanya sampai pukul 07.15.
SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA 
Lecture, inti dari pendidikan,
Lecture ? Artinya jam belajar di kelas. Mungkin jika di kampus yang umum disebut sebagai jam kuliah.  Hanya julukan saja. Intinya sama. Lecture taruna sesuai program studi. Di Politeknik Penerbangan Surabaya tersedia 7 Program Studi yang mungkin sobat bisa pilih nanti. Ada TLB (Teknik Listrik Bandara), TNU (Teknik Navigasi Udara), LLU (Lalu Lintas Udara), TPU (Teknik Pesawat Udara), MTU (Manajemen Transportasi Udara), KP (Komunikasi Penerbangan) dan TBL (Teknik Bangunan Landasan). Lecture berlangsung sampai pelaksanaan apel siang.
Siang, Upacara Apel Siang,
Jam 12.00 adalah saat bel Apel Siang berkumandang. Lengkap dengan Duty taruna yang sudah berjaga di lapangan apel untuk mendata setiap kekuatan taruna saat apel. Barulah, apel selesai, makan siang dimulai.
Makan Lagi,
Layaknya makan pagi yang lezat, biasanya disertai buah yang khas segarnya, Semangka atau melon ? Nikmat. BErakhir hingga pukul 13.00, segeralah diakhiri bersama untuk berdoa bersama setelah makan, dipimpin oleh komandan taruna jaga.
Yang muslim, Sholat Dhuhur ya,
Ya, iya, sholat Dhuhur biasa dilaksanakan pasca makan, sampai pukul 13.30, mulailah hal baru lagi untuk kegiatan selanjutnya.
Lecture, ronde kedua,
Begitulah sampai di kelas pelaksanaan belajar berlanjut, praktikum sesuai jurusan seperti kontrol pesawat, perbaikan peralatan navigasi, run up engine dan piston, soil tes, pemakaian meger ukur grounding, dan lain lain dan lain lain.
“Disinilah intinya jadi taruna,”
Lecture biasanya berakhir sampai pukul 16.30.
Olahraga Ashar,
Lecture usai, Ashar berjamaah ? bisa. Biasanya pelaksanaan ashar dilakukan berjamaah di masjid baitul marifah Poltekbang Surabaya. Setelah itu, bergegas pelaksanaan olahraga bebas. Olahraga bebas ? ya, olah raga “sak karepe dewe”, olahraga apapun, bisa futsal, badminton, tenis meja, catur, basket, fitness, volley atau sekedar lari dan pull up. Kegiatan macam ini, selesai saat maghrib mulai berkumandang.
Sholat Maghrib dulu, baru makan.
Begitulah, Sobat jangan khawatir ketinggalan sholat berjamaah jika masuk di ksatrian. Masjid dekat, semangat orang berjamaah selalu ada. Pasca Sholat, dilaksanakanlah makan malam.
Makan malam yang lezat
Setelah sholat maghrib, taruna membentuk peleton peleton sesuai course. Jika sudah lengkap tiap course, barulah masuk gedung ruang makan dimulai dari angkatan paling tua, yaitu tingkat III disusul tingkat II dan tingkat I. Dengan menu bervariasi, pastinya 4 sehat 5 sempurna.
Sholat lagi, Allah terus,
Isya berkumandang, makan malam telah usai, berangkatlah ke masjid bepeleton peleton rapih. Melaksanakan sholat isya. Jika malam Jum’at, akan ada tausyiah dari Ustad yang diundang oleh masjid dan taruna yang muslim diwajibkan untuk ikut. Alhamdulillah.
Belajar malam terbatas Apel Malam,
Isya terlaksana, segeralah waktu belajar malam dimulai. Sobat bisa belajar sepuasnya sampai pukul 20.30, di kamar asrama atau bisa di perpustakaan.
Apel Malam,
20.30-21.00 Saat untuk berdiri memastikan kekuatan masih utuh, memastikan kegiatan lancar dan memastikan beberapa hal yang perlu disampaikan bisa disampaikan ulang dalam apel malam, serta tetap memantau kondisi kesehatan terkini taruna, apakah ada yang sakit atau tidak.
Duty off, 21.00-22.00 Free, , , ?
21.00-22.00 free ? bisa dilakukan untuk braso atribut baju dinas harian, 22.00 adalah pelaksanaan Duty off, Taruna jaga turun jabatan dan diganti dengan taruna jaga baru. Bergilir dan merata. 
Tidurnya taruna, mengemban mimpi besar nan tinggi,
22.00 adalah jam tidur, jam istirahat, tak diperbolehkan taruna berkeliaran tanpa pengawasan dan perizinan, tak diperbolehkan taruna cross asrama, tak diperbolehkan taruna ke kelas lecture, tak diperbolehkan taruna di perpustakaan, dan tak diperbolehkan taruna menyalakan lampu kamar. Kecuali atas perizinan.
All day, every day. like that if you become a cadet there.
Semoga bermanfaat untuk sobat.

Komentar

  1. Keren pakkkk. Lanjut terus pak

    BalasHapus
  2. Taruna jaga,itu seluruh taruna Taruni merasakan yg tingkat II dan tingkat III?

    BalasHapus
  3. "Taruna jaga,itu seluruh taruna Taruni merasakan yg tingkat II dan tingkat III?"
    iya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan sebelumnya

PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN

Halo sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu.  Sobat tahu ada berapa jurusan di sekolah penerbangan ? Apakah hanya jurusan pilot dan pramugari saja ? Ternyata jurusan di sekolah penerbangan di Indonesia kini sangat beragam. Ada jurusan yang fokus menjadi pemandu perjalanan pesawat dan fokus menjadi teknisi. Jajaran Resimen Tahun Ajaran 2015/2016 Politeknik Penerbangan Surabaya Foto atas merupakan foto alumni tahun 2016 dan 2017 POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Alhamdulillah sekarang sudah bekerja di perusahaan perusahaan penerbangan. Atas, Paling kiri ke kanan, AP1, GMF, AirNav, AirNav, Prodi TPU Poltekbang Surabaya, AirNav, AirNav, GMF, GMF, AirNav.  Bawah, Paling kiri ke kanan, AP1, AP1, AP2. Nah sobat, di Indonesia, sekarang mulai didirikan beberapa pendidikan tinggi politeknik yang menyediakan jasa pendidikan dengan prospek yang nantinya meruncing menjadi tenaga kerja di penerbangan. SIAP IKUT SELEKSI PENERIMAAN CALON TARU

DIPLOMA NON DIPLOMA POLTEKBANG SURABAYA ?

(Diperbarui pada Maret 2018) Sobat mungkin yang masih duduk di bangku setara SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) masih bertanya tanya ini, apa bedanya jenjang pendidikan diploma dan non diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya. Atau mungkin bingung, pilih diploma, atau non Diploma, kenapa beda, ? Berikut saya share yang saya ketahui mengenai Diploma dan Non Diploma di  Politeknik Penerbangan Surabaya. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   ND TPU 6 Non Diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya adalah jenjang pendidikan yang tidak mengeluarkan ijazah 'Ahli Madya' pasca kelulusan. Sehingga setelah lulus dari pendidikan Non Diploma, taruna hanya akan mendapatkan sertifikat kecakapan, yaitu lisensi. Di Politeknik Penerbangan Surabaya, biasanya setiap tahun membuka pendaftaran untuk kelas Non Diploma dengan tujuan Diklat Lisensi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk jurusan yang dibuka dalam program Non Diploma, Politeknik Penerbangan Surabaya, p

TIPS TES SAMAPTA SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabanya hari ini ? Semoga sobatku semua sehat selalu. Sobat akan menjalani tes samapta ? Bagaimana tips dan kiat kiatnya ?  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Acara yudisium POLTEKBANG Surabaya tahun 2017 (ditulis pada 8 Oktober 2017, direvisi pada 26 Juli 2021 ) Kesamaptaan, berasal dari kata samapta yang artinya ready, prepare atau bisa juga kesiapan fisik (hukumonline.com). Sobat yang belum tahu samapta, bisa deh baca sekelumit goresan jemari ini mengenai tes samapta, yang mudah mudahan bisa bermanfaat bagi sobat. Terutama yang akan mau ikut seleksi masuk ke balai, akademi, politeknik maupun sekolah tinggi dibawah naungan BPSDM Perhubungan matra udara. Pada SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna)  Perhubungan tahun 2017, seleksi tes kesamaptaan masuk dalam seleksi tes tahap IV, yaitu (Tes Kesamaptaan dan Tes Wawancara).  Seleksi ini dilaksanakan setelah tes tahap III yaitu Tes Kesehatan. Tes Samapta pada SIPENCATAR

TIPS PSIKOTES SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobatku semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Sobat, TAHAP PSIKOTES merupakan salah satu tes yang diberikan saat sobat mengikuti berbagai seleksi masuk, baik perusahaan maupun perguruan tinggi. Salah satu yang menggunakan TAHAP PSIKOTES adalah SIPENCATAR PERHUBUNGAN atau Seleksi Penerimaan Calon Taruna Perhubungan. Nah kemudian bagaimana tahap tahapnya ? Apa kiat kiat yang bisa kita lakukan untuk lolos di TAHAP PSIKOTES ? Sebelum membaca lebih lanjut, siapkan secangkir kopi dan sepotong kue untuk menemani sobat dalam mebaca artikel saya yang panjang ini, haha. Bliau adalah Taruna D-III TNU Poltekbang Surabaya, masuk tahun 2018. Rionara TES PSIKOLOGI Nah Sobat, Tes psikologi di SIPENCATAR Perhubungan merupakan tes yang wajib diikuti untuk menjadi syarat masuk calon taruna. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi calon taruna apakah sesuai dengan konsentrasi program studi yang dipilih nantinya disesuaikan dengan kond

TIPS TES INTERVIEW SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Waktu terus berlalu ya , tiba tiba sudah akan dilaksanakan tes interview. Ya, seperti ini lah hidup, jalani saja dulu, ikhtiar, hasil akhir Allah sudah urus, yang penting selalu positif thinking dengan semua skenario kisah hidup yang kita jalani masing masing.  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Mengenai tes interview, saya semoga masih ingat dan mungkin bisa berbagi sedikit tips dari pengalaman tes interview saya beberapa waktu silam untuk seleksi masuk di sekolah kedinasan ini. Hehe, makhlum, sudah tua, sudah lama, tapi namanya pengalaman kan, apa salahnya berbagi. Oke sobat, ndak usah galau mau jalani tes, uda jalani aja, relax. Itu yang penting. Belajar relax berhadapan dengan siapapun mulai sekarang ya, || BACA Juga ||   TES TAHAP SATU SEPERTI APA KAH ?   PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN     TEST INTERVIEW SIPENCATAR ? GAMPANG     TIPS TES KESAMAPTAAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN      SIAP TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN ?    Gimana ya Kehidupan Taruna ?

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK (diperbaharui pada Mei 2018) Surat Ijin Mengemudi milik sobat mulai mendekati habis masa berlakunya ? SIM A ? SIM C ? Ini, insyaAllah saya akan share mengenai tata cara mengurus perpanjangan SIM daerah Nganjuk. Terutama buat sobat sobat yang sekarang lagi tinggal maupun berhijrah ke daerah Nganjuk. Dan yang kalo bukan dari Nganjuk, yang penting KTPnya sudah E-KTP ya. Ingat ? KTPnya sudah E-KTP. Soalnya kalo KTP bukan E-KTP, perpanjangan SIMnya gak bisa (jika di KTP tertera bukan dari kabupaten Nganjuk), kalo uda E-KTP nih, bisa perpanjangan SIM dimana aja, termasuk di Nganjuk ini, kabupaten Nganjuk Jawa Timur Indonesia. Begini, masa berlaku SIM itu, hanya 5 tahun. Tidak seperti E-KTP yang masa berlakunya seumur hidup ya Sobat. Jika SIM kita buat tahun 2017 ini, maka dia akan berlaku sampai tahun 2022. Nah ketika tahun 2022, harus dilakukan perpanjangan sobat. Begitu seterusnya setiap 5 tahun. Mengenai waktu memperpanjang SIM, sesuai aturannya

TIPS TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN

SOBAT LOLOS TES PSIKOLOGI TAHAP DUA ? Barakallah, semoga bisa lolos pada tes kesehatan yang akan dilaksanakan tanggal 18-21 Juli 2017 nanti, (tulisan ini ditulis @ 15 Juli 2017). Pasti sobat penasaran ya, seperti apa tips lolos seleksi kesehatan ? Tapi, mengapa ya harus ada seleksi kesehatan ? SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Lembaga pendidikan milik kementrian perhubungan menjadikan tes kesehatan sebagai salah satu seleksi karena tentunya menginginkan insan yang masuk nanti merupakan insan yang selalu prima dan bugar. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Ya, seperti itulah, diharapkan nanti, sumber daya manusia yang bekerja di lingkup wilayah perhubungan merupakan sumber daya manusia unggulan yang tahan banting dan selalu prima dalam bekerja. Diadakanlah tes kesehatan, Tipsnya apa saja ya ? Saya share sedikit mengenai persiapan tes kesehatan, 1. Selama menunggu tes datang, rajinlah berolahraga, terutama berlari. Olah raga dengan berla

KULIAH DI PENERBANGAN ? BACA DULU ENAK DAN GAK ENAK KETIKA PENDIDIKAN DI PENERBANGAN

Sobat memiliki niat untuk meniti karir di dunia penerbangan ? Atau sobat bercita cita untuk menjadi seorang yang mengabdi untuk penerbangan di langit Nusantara ? Sebaiknya sobat terlebih dahulu memiliki gambaran mengenai kehidupan di taruna perhubungan itu seperti apa, supaya sobat tidak menyesal di kemudian hari, atau supaya sobat tidak down saat menjalani pendidikan sebagai taruna perhubungan. Foto diambil tahun 2017, mereka adalah saudara saya seangkatan dari Prodi TNU PPI Curug atas dari kiri ke kanan Malik dan Fachri, bawah Rayen dan Bima Coba sobat baca dulu, PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN . Selain itu juga supaya sobat lebih mantab dalam memilih jalan meniti karir di penerbangan. Sobat, Memang kuliah di penerbangan terlihat begitu 'gagah', tampak keren, berseragam taruna, berchevron dan sering menjadi sorotan masyarakat karena kegagahan seragamnya. Namun, sobat pernahkah berfikir, enak gak enaknya kuliah di penerbangan ? dan enak gak enaknya setelah k

NAMA ATRIBUT TARUNA ATKP SURABAYA

Sobat catar (Calon Taruna), mungkin kalian yang baru masuk POLTEKBANG Surabaya, meski hanya sekedar ingin ikut pendaftaran atau hanya sekedar mencari informasi mengenai POLTEKBANG, merasa agak kaget ya kalo lihat penampilan Taruna di POLTEKBANG Surabaya. Terutama dalam berpakaian yang serba rame, dengan baju yang ditempeli banyak atribut. Ets, jangan salah, seluruh atribut yang dikenakan itu memiliki nama , baik. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Berikut, saya akan tunjukkan mengenai nama atribut yang digunakan. S aya mengambil gambar foto dari salah satu taruna di POLTEKBANG Surabaya, berikut nama nama atributnya.  FOTO TARUNA TAHUN 2015 SEDANG MENGGUNAKAN SERAGAM PDH (PAKAIAN DINAS HARIAN) JAZBA OLEH TARUNA DARI TNU VII POLTEKBANG SURABAYA semoga bermanfaat, *catatan :  Foto - foto di atas ini diambil tahun 2016, so seragam yang masih digunakan masih berwarna biru (atasan) dan biru donker (bawahan), mulai tahun 2017, seluruh taruna transportasi

OBU, OPERASI BANDAR UDARA ADALAH

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu. Oke sobat, sobat tahu apa itu Program Studi Operasi Bandar Udara (OBU) ? Kira kira apa saja yang dipelajari jika sudah menjadi Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Lalu, bagaimana prospek kerja kedepan setelah menjadi lulusan Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Berikut adalah beberapa informasi mengenai Program Studi Operasi Bandar Udara, semoga bermanfaat untuk sobat sobatku semua. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Foto Taruna Program Studi Operasi Bandar Udara PPI Curug tahun 2020, Sumber : @aldiladram201 DAFTAR ISI 1.  Program Studi Operasi Bandar Udara 2.  Biaya Pendidikan Operasi Bandar Udara 3.  Materi Pembelajaran Program Studi Operasi Bandar Udara 4.  Sertifikat Pasca Pendidikan di Program Studi Operasi Bandar Udara 5.  Prospek Kerja Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 6.  Gaji Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 1. Program Studi Ope