Langsung ke konten utama

LULUS POLITEKNIK PENERBANGAN APAKAH LANGSUNG KERJA ?

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat selalu, dalam keadaan bahagia selalu. Sobat, Mungkin dari sobatku semua ada yang bertanya, Sebenarnya setelah lulus dari Politeknik Penerbangan, apakah langsung diterima di tempat kerja ? Sebenarnya lulusan Poltekbang, benar benar prospek gak sih ? Mungkin untuk membantu menjawab pertanyaan dan uneg uneg sobat, saya akan sharing mengenai pengalaman saya setelah lulus dari Salah satu Politeknik Penerbangan di Indonesia. Semoga pengalaman saya bisa membantu menjawab pertanyaan di atas. Apa itu Politeknik Penerbangan Sobat, Politeknik Penerbangan merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan berbasis vokasi dan akademik teknik dalam bidang teknik dan keselamatan penerbangan. Di Indonesia, terdapat 6 Politeknik Penerbangan di bawah naungan Kementerian Perhubungan yaitu Poltekbang Jayapura, Poltekbang S

PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN

Halo sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu. 
Sobat tahu ada berapa jurusan di sekolah penerbangan ? Apakah hanya jurusan pilot dan pramugari saja ? Ternyata jurusan di sekolah penerbangan di Indonesia kini sangat beragam. Ada jurusan yang fokus menjadi pemandu perjalanan pesawat dan fokus menjadi teknisi.
Jajaran Resimen Tahun Ajaran 2015/2016 Politeknik Penerbangan Surabaya
Foto atas merupakan foto alumni tahun 2016 dan 2017 POLITEKNIK PENERBANGAN SURABAYA. Alhamdulillah sekarang sudah bekerja di perusahaan perusahaan penerbangan.
Atas, Paling kiri ke kanan, AP1, GMF, AirNav, AirNav, Prodi TPU Poltekbang Surabaya, AirNav, AirNav, GMF, GMF, AirNav.
 Bawah, Paling kiri ke kanan, AP1, AP1, AP2.

Nah sobat, di Indonesia, sekarang mulai didirikan beberapa pendidikan tinggi politeknik yang menyediakan jasa pendidikan dengan prospek yang nantinya meruncing menjadi tenaga kerja di penerbangan.

BPSDM Kementrian Perhubungan Negara Indonesia juga menyediakan beberapa pendidikan tinggi politeknik penerbangan untuk melatih sumber daya manusia yang nantinya juga dijadikan tenaga kerja untuk menangani pergerakan transportasi udara secara profesional dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan.

   
Beberapa pendidikan tinggi politeknik penerbangan yang berada dibawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Perhubungan (BPSDM Perhubungan) tersebut antara lain :
Bagi sobat yang sekarang sudah menginjak kelas XII tentunya mulai berfikir jurusan seperti apa cocok kan, nah, berikut penjelasan beberapa program studi yang ada di politeknik dan akademi penerbangan serta prospeknya seperti apa akan kami informasikan,

1. Penerbang.

Bliau adalah kapten Vincent, pilot kapten yang sekaligus hobi dalam membuat konten vlog menarik di akun youtubenya mengenai penerbangan VINCENT RADITYA
Sumber : @vincentraditya

Jurusan ini sangat cocok bagi sobat yang bercita-cita menjadi seorang pilot. Di Indonesia ada dua sekolah pilot yang berada dibawah naungan (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) BPSDM Kementrian Perhubungan yaitu di POLITEKNIK PENERBANGAN INDONESIA CURUG TANGERANG dan di AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI. Jurusan ini menerima lulusan dari SMA IPA. Kalau di sekolah pilot swasta, bisa dari jurusan manapun yang penting dia lolos seluruh tes seleksi. Nah, untuk masuk menjadi siswa di sekolah pilot di tersebut, sobat harus melalui berbagai seleksi yang sangat ketat, yaitu SIPENCATAR PERHUBUNGAN (Seleksi Penerimaan Calon Taruna Perhubungan). Mengenai nanti pasca kelulusan, biasanya pilot akan diterima di airline. Terutama di maskapai-maskapai yang kini sedang beroperasi di Indonesia, seperti Garuda Air,  Lion Air, Pelita Air,  Transnusa, Citilink dan Sriwijaya Air. Mengenai gaji pilot, insyaAllah sangat cukup. Bekerjanya nanti pun juga ada tahapnya sobat, belum bisa langsung jadi kapten. Nah untuk mengetahui bagaimana pekerjaan pilot, sobat bisa subscribe akun youtube nya Capten Vincent Raditya dibawah ini,
Bagaimana, sobat berminat jadi pilot ? pilihan ada di tangan sobat deh, banyak belajar ya.

2. Program Studi MTU (Manajemen Transportasi Udara)

Foto dari Alumni MTU 2 Politeknik Penerbangan Surabaya yang kini menjadi AMC.
Sumber : https://www.instagram.com/rahadianferis/

Bagi sobat yang berminat untuk menjadi bagian dari manajemen penerbangan, Program Studi MTU bisa menjadi pilihan nih. Program Studi ini menyerap dari berbagai jurusan lulusan dari SMA/MA/SMK, IPA/ IPS maupun teknik. Poiteknik Penerbangan dibawah BPSDM Kementrian Perhubungan yang menyediakan jurusan ini  di Indonesia sementara ada di Politeknik Penerbangan Surabaya. Untuk bisa masuk menjadi taruna di kelas MTU, sobat harus melalui tes SIPENCATAR PERHUBUNGAN yang ketat. Prospeknya, lulusan MTU bisa bekerja di segala management keudaraan, terutama 
bekerja di manajemen maskapai mengatur jadwal penerbangan dan rencana perjalanan pesawat, atau bisa juga di Perusahaan Angkasa Pura I & Perusahaan Angkasa Pura II menjadi bagian dari personel AMC. Mengenai AMC bisa baca disini KLIK. Kemudian lebih detail mengenai program studi MTU, Sobat bisa buka link berikut :

3. Prodi Pemandu Lalu Lintas Udara (Air Traffic Controller)
Seorang ATC di salah satu tower controller di Indonesia,
Bliau adalah salah satu alumni LLU dari Politeknik Penerbangan Surabaya, Riza

Sobat seorang yang suka suka bahasa Inggris ? Ini nih, Program studi yang cocok bagi sobat yang bercita-cita sebagai pemandu perjalanan pesawat yaitu Program Studi Lalu Lintas Udara. Nah, Kalo sobat masuk di prodi ini, sobat harus siap dengan bahasa Inggrisnya ya. Prodi ini menerima lulusan dari SLTA IPA. Di Indonesia, Politeknik yang menyediakan kelas untuk Prodi LLU adalah PPI Curug, Poltekbang Surabaya, Poltekbang Makassar, Poltekbang Medan, Poltekbang Jayapura. Seleksi masuknya sama dengan seleksi masuk jurusan lain, yaitu melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Lulusan LLU di Politeknik Penerbangan dibawah BPSDM Kementrian Perhubungan, biasanya diserap oleh Perusahaan AirNav Indonesia (Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia). Nanti lokasi bekerjanya di Tower Controller di bandara, Bagaimana sobat tertarik menjadi ATC ? Lebih detail mengenai LLU, sobat bisa klik link berikut ini  :

4. Prodi Teknik Navigasi Udara (TNU)


Bliau merupakan alumni PPI Curug jurusan TNU lulus tahun 2015,
bliau adalah Teknisi Telekomunikasi di Airnav Indonesia.
Prodi ini nih, buat sobat yang suka banget utak atik peralatan elektronika. Nanti mulai materi dasar elektronika bakal sobat temui jika masuk di Prodi TNU ini. Prodi TNU menerima lulusan dari SMA/MA/SMK IPA/Teknik. Di pendidikan tinggi politeknik penerbangan dibawah BPSDM Kementrian Perhubungan Indonesia, yang menyediakan kelas TNU adalah PPI Curug, Poltekbang Surabaya, Poltekbang Makassar dan Poltekbang Medan. Untuk masuk menjadi taruna Prodi TNU, adalah melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Taruna lulusan prodi TNU biasanya menjadi bagian dari Perusahaan AirNav Indonesia, Perusahaan Angkasa Pura I  dan Perusahaan Angkasa Pura II, serta Personel PNS di Kementrian Perhubungan. 
Nah, untuk lebih detail mengenai prodi TNU

5. Prodi Teknik Listrik Bandara (TLB)

Bliau adalah allumni TLB 11 Poltekbang Surabaya, kini bekerja di Angkasa Pura 1 Bandara Pattimura, Ambon.
Sumber : https://www.instagram.com/aqifalfatih/

Di bandara, segala urusan kelistrikan ditangani oleh rekan-rekan yang menjadi alumni jurusan TLB. Mengenai Genset, sumber listrik segala peralatan di bandara serta kondisi Approach Light, alumni TLB yang mengatasinya apabila terdapat permasalahan. Prodi TLB masuk dalam jurusan Teknik Penerbangan. Prodi TLB, menerima lulusan dari SMA/MA/SMK IPA/Teknik. Seleksi masuk prodi TLB juga sama seperti seleksi di TNU dan LLU, yaitu melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Di Indonesia, politeknik yang menyediakan program studi TLB adalah PPI Curug, Poltekbang Surabaya, Poltekbang Makassar, Poltekbang Jayapura dan Poltekbang Medan. TLB biasanya masuk menjadi bagian dari perusahaan AirNav Indonesia, perusahaan Angkasa Pura I & Perusahaan Angkasa Pura II . Untuk l
ebih detail mengenai TLB, sobat bisa buka link berikut ini :

6. Prodi Teknik Pesawat Udara (TPU)

Seorang Teknisi Pesawat Udara sedang melakukan final check dengan pilot di cabin dalam pesawat. Bliau adalah Erzi alumni Poltekbang Surabaya prodi TPU.

Program Studi ini cocok banget buat sobat yang pengen jadi teknisi pesawat. Program Studi TPU menerima lulusan SMA/MA/SMK IPA/Teknik. Di Indonesia, Pendidikan tinggi Politeknik Penerbangan dibawah BPSDM Kementrian Perhubungan yang menyediakan Program Studi ini antara lain adalah PPI Curug, Poltekbang Makassar, Poltekbang Surabaya dan Poltekbang Medan. Seleksi masuknya juga sama dengan jurusan TLB, TNU, dan LLU, yaitu melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Lulusan Taruna dari Prodi TPU biasanya akan menjadi personel teknisi pesawat udara di perusahaan airline, seperti Garuda, Sriwijaya, Lion Air dan lainnya. Untuk lebih detail mengenai Prodi TPU, sobat bisa buka link berikut :

7. Prodi KP (Komunikasi Penerbangan)

Foto dari taruna Prodi KP yang sedang melaksanakan OJT

Bagi sobat yang berminat untuk mengetahui informasi berita penerbangan, Program Studi Komunikasi Penerbangan bisa menjadi prodi menarik untuk sobat masuki. Prodi ini menerima lulusan dari SMA/SLTA IPA. Di Indonesia, Politeknik Penerbangan yang membuka Prodi KP hanya di Poltekbang Surabaya. Seleksi masuknya sama dengan seleksi prodi lain, seperti LLU, TNU, TLB, MTU dan TPU, yaitu melalui jalur SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Prospek kerja nanti  salah satunya adalah di perusahaan AirNav Indonesia menjadi personel Pemandu Komunikasi Penerbangan. Untuk lebih detail mengenai Prodi KP, sobat bisa buka link berikut ini :

8. Prodi TBL (Teknik Bangunan Landasan)

Alumni prodi TBL dari PPI Curug tahun 2017

Sesuai dengan namanya, Prodi ini mendidik lulusannya untuk paham dan handal dalam melakukan pemeliharaan, perbaikan dan pengawasan pembangunan di area ground di sisi udara seperti area Runway, area Taxiway dan area Appron. Di kelas TBL akan mempelajari berbagai arti batas dan seluruh regulasi terkait bangunan landasan. Prodi ini menerima lulusan SMA/MA/SMK IPA/Teknik. Di Indonesia yang menyediakan prodi ini adalah Politeknik Penerbangan Surabaya dan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug Tangerang. Prospek kerjanya salah satunya adalah di  Perusahaan Angkasa Pura I Angkasa Pura II. Untuk lebih detail mengenai Program Studi TBL, sobat bisa klik link berikut ini :

9. Prodi PKP (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan)

Mobil Foxtrot Three yang siap untuk melakukan tugasnya.

Sobat waktu kecil ingin jadi seorang pemadam kebakaran ? Ini adalah prodi yang sangat cocok untuk sobat. Prodi ini masuk dalam jurusan Keselamatan Penerbangan. Untuk masuk, prodi ini menerima lulusan dari SLTA IPA/Teknik, seleksinya sama dengan seleksi prodi lainnya, yaitu melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Di Indonesia, Pendidikan Tinggi yang menyediakan prodi ini adalah di PPI Curug dan Poltekbang Palembang. Prospek kerjanya nanti adalah diserap oleh Perusahaan Angkasa Pura I Angkasa Pura II serta bandara2 UPBU (Unit Penyelenggara Bandar Udara). Bekerjanya adalah sebagai petugas PKP-PK di terminal bandara. Sobat harus selalu siaga dengan kemungkinan kemungkinan kecelakaan  yang terjadi. 

10. Prodi PA (Penerangan Aeronautika)

Pelayanan informasi aeronautika di Airnav Indonesia.
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=jRoAcAqyJHY&t=146s
Sobat ingin lebih konsentrasi terhadap pelayanan informasi penerbangan ? Sobat bisa masuk ke Program Studi Penerangan Aeronautika. Untuk masuk, prodi ini menerima lulusan dari SLTA IPA/IPS, seleksinya sama dengan seleksi prodi lain, yaitu melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Di Indonesia, Pendidikan Tinggi yang menyediakan prodi ini adalah di  PPI Curug Tangerang. Prospek kerjanya nanti alumni taruna Prodi PA akan bekerja sama dengan Perusahaan Airnav Indonesia menjadi bagian dari personel pelayanan informasi aeronautika.


11. Prodi OBU (Operasi Bandar Udara)

Kegiatan OJT taruna OBU tahun 2019. Bliau adalah  https://www.instagram.com/aldiladram20/
Sobat ingin lebih konsentrasi terhadap operasional seluruh aktivitas di bandara ? sobat bisa masuk ke Prodi Operasi Bandar Udara. Prodi OBU ini menerima lulusan dari SLTA IPA/IPS, seleksinya sama dengan yang lain, yaitu melalui SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Di Indonesia, Politeknik yang menyediakan prodi ini adalah di  PPI Curug Tangerang. Prospek kerjanya nanti sobat akan bekerja di Perusahaan Angkasa Pura I Angkasa Pura II serta UPBU. Nanti akan bekerja menjadi bagian dari personel AMC. Lebih detail mengenai prodi OBU, sobat bisa buka link berikut ini  :

12. Prodi MBU (Manajemen Bandar Udara)


Prodi ini seperti prodi MTU dan OBU. Yaitu prodi ini berkonsentrasi untuk manajemen aktivitas di bandara. Prodi Ini menerima lulusan SLTA IPA/IPS. Untuk masuk menjadi taruna di prodi ini adalah melalui jalur SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Di Indonesia Politeknik yang menyediakan Prodi MBU adalah di Poltekbang Jayapura dan Poltekbang Palembang. Setelah lulus, nantinya bisa bekerja
di Perusahaan Angkasa Pura I Angkasa Pura II serta UPBU. Nanti akan bekerja menjadi bagian dari personel AMC. Lebih detail tentang prodi ini, sobat bisa buka link penjelasan mengenai Prodi OBU berikut ini :

13. Prodi TMB (Teknik Mekanikal Bandar Udara)

Prodi ini menjadikan Taruna memiliki keahlian di berbagai bidang mekanikal di bandar udara. Prodi ini berkonsentrasi untuk mendidik taruna lebih mengetahui tentang Teknologi Mekanik di Bandar Udara seperti teknologi Traction Equipment, AC System, Water and Pump System dan Alat Alat Besar.  Prodi Ini menerima lulusan SLTA IPA/SMK. Untuk masuk menjadi taruna di prodi ini adalah melalui jalur SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Di Indonesia Politeknik yang menyediakan Prodi TMB adalah di  PPI Curug Tangerang dengan pendidikan selama 3 tahun yaitu pendidikan Diploma III TMB. Setelah lulus, nantinya bisa bekerja di Perusahaan Angkasa Pura I Angkasa Pura II serta UPBU (Unit Pelayanan Bandar Udara) sebagai Personel Mekanikal Bandar Udara.

14. Prodi TRBU (Teknologi Rekayasa Bandar Udara)

Prodi ini menjadikan Taruna memiliki keahlian teknik di berbagai bidang di bandar udara. Prodi ini berkonsentrasi untuk Teknologi Bandar Udara menjadikan lulusan taruna memiliki keahlian di berbagai pengetahuan terkait bidang teknik Bandar Udara.  Prodi Ini menerima lulusan SLTA IPA/SMK. Untuk masuk menjadi taruna di prodi ini adalah melalui jalur SIPENCATAR PERHUBUNGAN. Di Indonesia Politeknik yang menyediakan Prodi TRBU adalah di Poltekbang Palembang dengan pendidikan selama 4 tahun yaitu pendidikan Diploma IV TRBU. Setelah lulus, nantinya bisa bekerja di Perusahaan Angkasa Pura I Angkasa Pura II serta UPBU (Unit Pelayanan Bandar Udara) sebagai Personel Mekanikal Bandar Udara, Personel Listrik Bandar Udara atau bisa juga sebagai Personel Teknik Bandar Udara. Hal ini dikarenakan lulusan taruna TRBU rencananya akan memiliki lisensi yang dimiliki oleh lulusan Prodi Diploma III TMB (Teknik Mekanikal Bandara), Diploma III TLB (Teknik Listrik Bandara) dan Diploma III TBL (Teknik Bangunan Landasan).
Gimana sobat ? Pastikan Jurusan yang sobat pilih nanti sesuai dengan harapan sobat.
Semoga bermanfaat... 
LULUS POLITEKNIK PENERBANGAN, APAKAH LANGSUNG KERJA ?
*oiya, mengenai kabar gaji, kenapa ane gak nyebutin jumlahnya ? karena gaji setiap orang berbeda sobat, tergantung jabatan, jam kerja, rating dan lisensi yang dipegang seseorang. Semakin tinggi jabatan, semakin  banyak jam kerja, dan semakin banyak rating dan lisensi yang dipegang, maka semakin banyak cost masuk ke kantong.

BUAT MOTIVASI SOBAT SUPAYA TETAP SEMANGAT MENGEJAR CITA CITA MENGABDI UNTUK NEGERI 
^^


Komentar

  1. Mau nanya untuk tes TPA masuk atkp materi apa aja ya?

    BalasHapus
  2. Terima kasih kak atas info dan blog yang menarik ini, semoga aku jadi bagian atkp tahun ini :)

    BalasHapus
  3. Kak di atkp meda yang ada LLU. LLU sama PLLU sama gak kak?. Dan yang mana bisa jadi ATC?

    BalasHapus
  4. Minat sih, tapi ada beberapa persyaratan yang kurang sehingga harus mengurungkan niat untuk masuk ke sekolah jurusan penerbangan.

    BalasHapus
  5. ALLU sama PLLU sama saja bedanya ALLU D4 kalo PLLU D3

    BalasHapus
  6. TERIMAKASIH atas informasinya yang sangat membantu ini. Salam.

    BalasHapus
  7. Kk, atkp it ckp mnarik tapi apakah otak pas"an bisa masuk

    BalasHapus
  8. "ALLU sama PLLU sama saja bedanya ALLU D4 kalo PLLU D3",
    D4 sama D3 sama saja nanti dapat Lisensi, cuman untuk D4 dapat lisensi APP Radar. Kalo D3 hanya sampai APP Prosedural. Serta ijazahnya juga berbeda.

    "TERIMAKASIH atas informasinya yang sangat membantu ini. Salam."
    Sama sama, semoga bermanfaat.

    "Kk, atkp it ckp mnarik tapi apakah otak pas"an bisa masuk"
    Bisa, asalkan pantang menyerah untuk belajar, otak itu tergantung cara pikir kita kok,

    BalasHapus
  9. beda KP dan LLU apa bro dan kerjanya KP dan LLU di bagian mana, dan gaji transparan KP berapa bro,

    BalasHapus
  10. "beda KP dan LLU apa bro dan kerjanya KP dan LLU di bagian mana, dan gaji transparan KP berapa bro,"

    Komunikasi Penerbangan diarahkan bekkerja di Airnav Indonesia di unit FSS (Flight Service Station), ARO (Aeronautical Reporting Office) dan COM. Kalo LLU di ATC (Air Traffic Controller). Gaji pokok tergantung kebijakan perusahaan bagaimana nantinya.

    BalasHapus
  11. Kak, saya daftar di politeknik penerbangan surabaya online (jalur rapor) di sscasn. Nah di sscasn kok tidak ada Jurusan LLU?, sedangkan di artikel kakak ada jurusan LLU
    Mohon dijawab kak terima kasih :)

    BalasHapus
  12. "Kak, saya daftar di politeknik penerbangan surabaya online (jalur rapor) di sscasn. Nah di sscasn kok tidak ada Jurusan LLU?, sedangkan di artikel kakak ada jurusan LLU
    Mohon dijawab kak terima kasih :)"

    Tergantung kebijakan kampus ya bro,

    BalasHapus
  13. Kak kalo mau ambil jurusan KP, apa aja yg harus dipelajari?

    BalasHapus
  14. Kalo misalnya mau jadi pramugari ambil jurusan apa? Apa sekolahnya beda lagi kah?

    BalasHapus
  15. izin tanya kak, kalau untuk perempuan peluang seperti apa dan biasanya kalau yang perempuan kebanyakan pilih prodi yang mana yang kak? terima kasih...

    BalasHapus
  16. Kak kalo mau ambil jurusan KP, apa aja yg harus dipelajari?
    answer : bahasa inggris ya bro,
    Kalo misalnya mau jadi pramugari ambil jurusan apa? Apa sekolahnya beda lagi kah?
    answer : biasanya ada jurusan pramugari di sekolah penerbangan swasta,
    izin tanya kak, kalau untuk perempuan peluang seperti apa dan biasanya kalau yang perempuan kebanyakan pilih prodi yang mana yang kak? terima kasih...
    answer : perempuan berpeluang di semua prodi kok.

    BalasHapus
  17. Kak, klo skdnya,materi mtk sama fisikanya pelajaran pas sma atau smp dan sma?atau cuma materi yg berhubungan dengan penerbanhan saja(co:Tekanan sayap pesawat,Dll)terimakasih.

    BalasHapus
  18. Kak, klo skdnya,materi mtk sama fisikanya pelajaran pas sma atau smp dan sma?atau cuma materi yg berhubungan dengan penerbanhan saja(co:Tekanan sayap pesawat,Dll)terimakasih.
    Answer : Materinya kayak ujian nasional, belajar aja soal soal sbmptn, banyak keluar dari sana.

    BalasHapus
  19. Kak ,,mau tanya kalo persyaratan fisik masuk ke Politeknik penerbangan apa saja ya ,,,dan kalo ada sedikit mata juling bawaan lahir bisa gak ya ...mohon diinfokan ,,trimakasih

    BalasHapus
  20. Ijin bg mau nanya,bedanya tpu sama tppu apa ya?

    BalasHapus
  21. Kak mau nanya...apakah di stpi curug ada gegelar s1 nya...?

    BalasHapus
  22. Kak ,,mau tanya kalo persyaratan fisik masuk ke Politeknik penerbangan apa saja ya ,,,dan kalo ada sedikit mata juling bawaan lahir bisa gak ya ...mohon diinfokan ,,trimakasih
    Jawab :
    Asal sehat dek, ndak papa dicoba, insyaAllah kalau rejeki bisa masuk.

    BalasHapus
  23. Ijin bg mau nanya,bedanya tpu sama tppu apa ya?

    Jawab :
    Kalo di politeknik penerbangan perhubungan adanya jurusan TPU dek, Jurusan TPPU kalo gak salah ada di Kampus Politeknik Batam, beda yak. Bisa search aja di google ntar. Itu prodi baru, kampus baru juga.

    BalasHapus
  24. Kak mau nanya...apakah di stpi curug ada gegelar s1 nya...?
    STPI Curug gak ada S1, adanya D4, itu setara S1 pendidikannya 8 semester.

    BalasHapus
  25. lulusan OBU tidak hanya Avsec dan AMC tapi bisa juga ke Airport Ops Center kalau di BSH Airport Information Terminal inspection dan juga operation officer dan staff Officer In charge. Di BSH malah lulusan OBU jarang yang ke Avsec

    BalasHapus
  26. Beda antara OBU dan MTR ialah kalau OBU fokus ke bandara sedangkan manajemen transportasi ke airlines atau aircraft

    BalasHapus
  27. Terimakasih koreksinya bang, wah maaf saya tidak pernah koreksi tulisan ini sejak 2017, dan hanya bahas komentar saja tanpa cek tulisan. Waktu itu masih baru lulus dari ATKP hanya untuk mengisi waktu luang menulis di blog.
    Ini sudah saya koreksi semoga bermanfaat. Sekali lagi mohon maaf jika ada miss informasi di saya yang kurang begitu tahu.

    BalasHapus
  28. Apakah ada jurusan pramugari di sekolah penerbang dibawah naungan kemenhub?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada prodi atau jurusan pramugari politeknik penerbangan dibawah bpsdm perhubungan.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan sebelumnya

DIPLOMA NON DIPLOMA POLTEKBANG SURABAYA ?

(Diperbarui pada Maret 2018) Sobat mungkin yang masih duduk di bangku setara SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) masih bertanya tanya ini, apa bedanya jenjang pendidikan diploma dan non diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya. Atau mungkin bingung, pilih diploma, atau non Diploma, kenapa beda, ? Berikut saya share yang saya ketahui mengenai Diploma dan Non Diploma di  Politeknik Penerbangan Surabaya. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   ND TPU 6 Non Diploma di Politeknik Penerbangan Surabaya adalah jenjang pendidikan yang tidak mengeluarkan ijazah 'Ahli Madya' pasca kelulusan. Sehingga setelah lulus dari pendidikan Non Diploma, taruna hanya akan mendapatkan sertifikat kecakapan, yaitu lisensi. Di Politeknik Penerbangan Surabaya, biasanya setiap tahun membuka pendaftaran untuk kelas Non Diploma dengan tujuan Diklat Lisensi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan perusahaan. Untuk jurusan yang dibuka dalam program Non Diploma, Politeknik Penerbangan Surabaya, p

TIPS TES SAMAPTA SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum sobat, bagaimana kabanya hari ini ? Semoga sobatku semua sehat selalu. Sobat akan menjalani tes samapta ? Bagaimana tips dan kiat kiatnya ?  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Acara yudisium POLTEKBANG Surabaya tahun 2017 (ditulis pada 8 Oktober 2017, direvisi pada 26 Juli 2021 ) Kesamaptaan, berasal dari kata samapta yang artinya ready, prepare atau bisa juga kesiapan fisik (hukumonline.com). Sobat yang belum tahu samapta, bisa deh baca sekelumit goresan jemari ini mengenai tes samapta, yang mudah mudahan bisa bermanfaat bagi sobat. Terutama yang akan mau ikut seleksi masuk ke balai, akademi, politeknik maupun sekolah tinggi dibawah naungan BPSDM Perhubungan matra udara. Pada SIPENCATAR (Seleksi Penerimaan Calon Taruna)  Perhubungan tahun 2017, seleksi tes kesamaptaan masuk dalam seleksi tes tahap IV, yaitu (Tes Kesamaptaan dan Tes Wawancara).  Seleksi ini dilaksanakan setelah tes tahap III yaitu Tes Kesehatan. Tes Samapta pada SIPENCATAR

TIPS PSIKOTES SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobatku semua dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Sobat, TAHAP PSIKOTES merupakan salah satu tes yang diberikan saat sobat mengikuti berbagai seleksi masuk, baik perusahaan maupun perguruan tinggi. Salah satu yang menggunakan TAHAP PSIKOTES adalah SIPENCATAR PERHUBUNGAN atau Seleksi Penerimaan Calon Taruna Perhubungan. Nah kemudian bagaimana tahap tahapnya ? Apa kiat kiat yang bisa kita lakukan untuk lolos di TAHAP PSIKOTES ? Sebelum membaca lebih lanjut, siapkan secangkir kopi dan sepotong kue untuk menemani sobat dalam mebaca artikel saya yang panjang ini, haha. Bliau adalah Taruna D-III TNU Poltekbang Surabaya, masuk tahun 2018. Rionara TES PSIKOLOGI Nah Sobat, Tes psikologi di SIPENCATAR Perhubungan merupakan tes yang wajib diikuti untuk menjadi syarat masuk calon taruna. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi calon taruna apakah sesuai dengan konsentrasi program studi yang dipilih nantinya disesuaikan dengan kond

TIPS TES INTERVIEW SIPENCATAR PERHUBUNGAN

Waktu terus berlalu ya , tiba tiba sudah akan dilaksanakan tes interview. Ya, seperti ini lah hidup, jalani saja dulu, ikhtiar, hasil akhir Allah sudah urus, yang penting selalu positif thinking dengan semua skenario kisah hidup yang kita jalani masing masing.  SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Mengenai tes interview, saya semoga masih ingat dan mungkin bisa berbagi sedikit tips dari pengalaman tes interview saya beberapa waktu silam untuk seleksi masuk di sekolah kedinasan ini. Hehe, makhlum, sudah tua, sudah lama, tapi namanya pengalaman kan, apa salahnya berbagi. Oke sobat, ndak usah galau mau jalani tes, uda jalani aja, relax. Itu yang penting. Belajar relax berhadapan dengan siapapun mulai sekarang ya, || BACA Juga ||   TES TAHAP SATU SEPERTI APA KAH ?   PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN     TEST INTERVIEW SIPENCATAR ? GAMPANG     TIPS TES KESAMAPTAAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN      SIAP TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN ?    Gimana ya Kehidupan Taruna ?

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK

PERPANJANG SIM KABUPATEN NGANJUK (diperbaharui pada Mei 2018) Surat Ijin Mengemudi milik sobat mulai mendekati habis masa berlakunya ? SIM A ? SIM C ? Ini, insyaAllah saya akan share mengenai tata cara mengurus perpanjangan SIM daerah Nganjuk. Terutama buat sobat sobat yang sekarang lagi tinggal maupun berhijrah ke daerah Nganjuk. Dan yang kalo bukan dari Nganjuk, yang penting KTPnya sudah E-KTP ya. Ingat ? KTPnya sudah E-KTP. Soalnya kalo KTP bukan E-KTP, perpanjangan SIMnya gak bisa (jika di KTP tertera bukan dari kabupaten Nganjuk), kalo uda E-KTP nih, bisa perpanjangan SIM dimana aja, termasuk di Nganjuk ini, kabupaten Nganjuk Jawa Timur Indonesia. Begini, masa berlaku SIM itu, hanya 5 tahun. Tidak seperti E-KTP yang masa berlakunya seumur hidup ya Sobat. Jika SIM kita buat tahun 2017 ini, maka dia akan berlaku sampai tahun 2022. Nah ketika tahun 2022, harus dilakukan perpanjangan sobat. Begitu seterusnya setiap 5 tahun. Mengenai waktu memperpanjang SIM, sesuai aturannya

TIPS TES KESEHATAN SIPENCATAR PERHUBUNGAN

SOBAT LOLOS TES PSIKOLOGI TAHAP DUA ? Barakallah, semoga bisa lolos pada tes kesehatan yang akan dilaksanakan tanggal 18-21 Juli 2017 nanti, (tulisan ini ditulis @ 15 Juli 2017). Pasti sobat penasaran ya, seperti apa tips lolos seleksi kesehatan ? Tapi, mengapa ya harus ada seleksi kesehatan ? SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Lembaga pendidikan milik kementrian perhubungan menjadikan tes kesehatan sebagai salah satu seleksi karena tentunya menginginkan insan yang masuk nanti merupakan insan yang selalu prima dan bugar. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Ya, seperti itulah, diharapkan nanti, sumber daya manusia yang bekerja di lingkup wilayah perhubungan merupakan sumber daya manusia unggulan yang tahan banting dan selalu prima dalam bekerja. Diadakanlah tes kesehatan, Tipsnya apa saja ya ? Saya share sedikit mengenai persiapan tes kesehatan, 1. Selama menunggu tes datang, rajinlah berolahraga, terutama berlari. Olah raga dengan berla

KULIAH DI PENERBANGAN ? BACA DULU ENAK DAN GAK ENAK KETIKA PENDIDIKAN DI PENERBANGAN

Sobat memiliki niat untuk meniti karir di dunia penerbangan ? Atau sobat bercita cita untuk menjadi seorang yang mengabdi untuk penerbangan di langit Nusantara ? Sebaiknya sobat terlebih dahulu memiliki gambaran mengenai kehidupan di taruna perhubungan itu seperti apa, supaya sobat tidak menyesal di kemudian hari, atau supaya sobat tidak down saat menjalani pendidikan sebagai taruna perhubungan. Foto diambil tahun 2017, mereka adalah saudara saya seangkatan dari Prodi TNU PPI Curug atas dari kiri ke kanan Malik dan Fachri, bawah Rayen dan Bima Coba sobat baca dulu, PILIH JURUSAN YANG COCOK DI PENERBANGAN . Selain itu juga supaya sobat lebih mantab dalam memilih jalan meniti karir di penerbangan. Sobat, Memang kuliah di penerbangan terlihat begitu 'gagah', tampak keren, berseragam taruna, berchevron dan sering menjadi sorotan masyarakat karena kegagahan seragamnya. Namun, sobat pernahkah berfikir, enak gak enaknya kuliah di penerbangan ? dan enak gak enaknya setelah k

NAMA ATRIBUT TARUNA ATKP SURABAYA

Sobat catar (Calon Taruna), mungkin kalian yang baru masuk POLTEKBANG Surabaya, meski hanya sekedar ingin ikut pendaftaran atau hanya sekedar mencari informasi mengenai POLTEKBANG, merasa agak kaget ya kalo lihat penampilan Taruna di POLTEKBANG Surabaya. Terutama dalam berpakaian yang serba rame, dengan baju yang ditempeli banyak atribut. Ets, jangan salah, seluruh atribut yang dikenakan itu memiliki nama , baik. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Berikut, saya akan tunjukkan mengenai nama atribut yang digunakan. S aya mengambil gambar foto dari salah satu taruna di POLTEKBANG Surabaya, berikut nama nama atributnya.  FOTO TARUNA TAHUN 2015 SEDANG MENGGUNAKAN SERAGAM PDH (PAKAIAN DINAS HARIAN) JAZBA OLEH TARUNA DARI TNU VII POLTEKBANG SURABAYA semoga bermanfaat, *catatan :  Foto - foto di atas ini diambil tahun 2016, so seragam yang masih digunakan masih berwarna biru (atasan) dan biru donker (bawahan), mulai tahun 2017, seluruh taruna transportasi

OBU, OPERASI BANDAR UDARA ADALAH

Assalamualaikum Sobat, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga sobat sobatku semua sehat selalu. Oke sobat, sobat tahu apa itu Program Studi Operasi Bandar Udara (OBU) ? Kira kira apa saja yang dipelajari jika sudah menjadi Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Lalu, bagaimana prospek kerja kedepan setelah menjadi lulusan Taruna di Program Studi Operasi Bandar Udara ? Berikut adalah beberapa informasi mengenai Program Studi Operasi Bandar Udara, semoga bermanfaat untuk sobat sobatku semua. SIAP SIPENCATAR TAHUN INI ? PAHAMI JALUR MASUKNYA   Foto Taruna Program Studi Operasi Bandar Udara PPI Curug tahun 2020, Sumber : @aldiladram201 DAFTAR ISI 1.  Program Studi Operasi Bandar Udara 2.  Biaya Pendidikan Operasi Bandar Udara 3.  Materi Pembelajaran Program Studi Operasi Bandar Udara 4.  Sertifikat Pasca Pendidikan di Program Studi Operasi Bandar Udara 5.  Prospek Kerja Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 6.  Gaji Lulusan Program Studi Operasi Bandar Udara 1. Program Studi Ope